Sulsel Tuan Rumah MoU Pendapatan Negara dengan Gubernur se Sulawesi

Kabarnusantaranewa, Makassar;- Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerjasama dalam rangka optimalisasi pendapatan negara dan daerah bersama pimpinan KPK, Gubernur se-Sulawesi dan Direktur Pertamina Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo Makassar, Selasa (13/8).

Gubernur Prof Nurdin Abdullah mengaku, kegiatan tersebut selain mendorong pendapatan masyarakat masing-masing provinsi, juga akan mendorong pendapatan bagi pemerintah sendiri.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan diikuti dengan pendapatan bagi pemerintahan dan seluruh masyarakat Sulsel,” kata Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini juga menyampaikan terimakasih kepada Korsubgah KPK RI yang telah membantu Pemprov Sulsel melakukan konsolidasi baik untuk mengoptimalkan APBD maupun menciptakan pemerintahan yang bersih.

“Saya berterimakasih kepada Korsubgah KPK yang telah melakukan konsolidasi. Tentu sangat bermanfaat sekali, tidak hanya menciptakan pendapatan bagi daerah, tapi juga menciptakan pemerintahan yang bersih,” jelas alumni Unhas Makassar ini.

Sementara Pimpinan KPK RI Alexander Marwata mengaku, kegiatan tersebut untuk mendorong optimalisasi pendapatan negara dan daerah supaya ada kelonggaran untuk pembangunan infrastruktur.

“Dengan cara menjaga peningkatan pajak restoran dan hotel, karena selama ini siapa yang menikmati hasil pajak restoran dan hotel,” tanya Alexander.

KPK RI melalui Korsubgah mengaku akan terus melakukan monitoring baik perpajakan, pengelolaan aset, pengoptimalan APBD masing-masing di daerah, perizinan dan pengawalan dana desa.

“Kami hadir, kami tetap akan melakukan monitoring sejauh mana program yang kita lakukan hari ini bermanfaat dan bisa dioptimalkan,” jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir, Pimpinan dan Tim Korsupgah KPK, Gubernur Sulawesi Utara, Gubernur Gorontalo, Gubernur Sulawesi Tengah, Gubernur Sulawesi Tenggara, Gubernur Sulawesi Barat dan Kepala Kanwil DJP Sulawesi Barat, Selatan, Tenggara.

Selain itu, tampak pula Kepala BPH Migas dan Jajarannya, Direktur Pertamina dan Jajarannya serta para Kepala OPD Lingkup Pemprov Sulsel. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *