Sosialisasi Perda, Dewan Makassar Tekankan Pentingnya Mengelola Sampah

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Sampah jika tidak dikelola dengan baik akan berdampak bagi kesehatan akibat baunya yang bukan hanya dirasakan warga sekitar tapi juga merembes lingkungan lain.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD kota Makassar, Sangkala Saddiko saat membuka sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan sosialisasi penyebaran produk hukum daerah “Perda Nomor 4 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah”, di Hotel Grand Maleo, pada, Minggu (13/11).

Juga hadir selaku narasumber Kabid dari DLH Pemkot Makassar Suwandi, serta Nur Hamsinah selaku pemerhati lingkungan.

Menurut Sangkala Saddiko, mengelola sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja, akan tetapi mesti melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat utamanya dalam hal pemilahan sampah sehingga masyarakat tak sekedar membuang sampah ditempatnya namun dapat mengelolanya sehingga bernilai ekonomis.

“Sampah yang ada dirumah kita, jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi. Kelolaki’ sampah dengan baik. Kalau itu kita bisa lakukan, maka saya yakin dan percaya sampahta’ yang dirumah masing-masing bukan lagi menjadi masalah tetapi dapat mendatangkan berkah yang bernilai ekonomi,” papar Sangkala Saddiko.

Politisi Partai PAN ini berharap melalui sosialisasi ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya melakukan pemilahan sampah dimulai dari rumah sendiri dan lingkungan sekitar guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah.

“Saya berharap tokoh masyarakat bapak ibu yang hadir hari ini dapat menjadi motor atau penyambung lidah, kenapa? karena jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah sosial,” paparnya lagi. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *