Soal Wisata Halal, Ini Tanggapan Wabup Tana Toraja

Kabar Nusantara News;- Wakil Bupati Tana Toraja mengklarifikasi terkait isu wisata halal yang akan dibangun oleh Wakil Gubernur Sulsel di Toraja.Makassar (27/02/2019)

Menurutnya, ada yang salah tafsir terkait pernyataan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Jadi yang benar adalah ada rumah-rumah makan tertentu yang dikhususkan bagi teman-teman yang beragama muslim,” kata Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Rabu (27/2/2019).

Victor menjelaskan jika pernyaatan tersebut merujuk pada rumah-rumah makan khusus Wisatawan Muslim.

“Tapi tidak semua, apalagi ini adat Toraja, babi bukan barang haram di Toraja, tapi memang ada rumah makan tertentu, kuliner tertentu yang disapkan untuk suadara kami muslim yang ke Tana Toraja,” ungkapnya.

“Ini kan tidak semua rumah makan Toraja harus di stempel halal, tidak seperti itu,” tegas dia.

Oleh karenanya, pihaknya tengah mencari lahan khusus kulineran bagi wisatawan muslim. Dia pun mengaku, ada beberapa wisatawan dan perantau yang memang secara khusus datang ke Toraja hanya untuk menyantap makanan lokal daerah ini.

Akan tetapi, pemda juga ingin menunjukkan kepada warga luas bahwa wilayah ini adalah wilayah yang sangat toleran terhadap umat beragama.

“Tidak ada penolakan. Ada yang mempersepsikan semua akan distempel hahal tidak seperti itu. Tidak ada masalah dan kami siap. Makanya kalau lihat kerukukan umat beragama datanglah ke Toraja,” kata dia.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan membuat Wisata Halal Di tana Toraja bagi Wisatawan Muslim.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *