Soal Karhutla, Presiden Jokowi : Kita Lalai

Kabarnusantaranews, Riau;- Saat ini Provinsi Riau dinyatakan Siaga darurat asap akibat kebakaran huta dan lahan (Karhutla).

Presiden Joko Widodo saat rapat terbatas di Riau mengatakan jika saat ini puluhan ribu hektare lahan terbakar.

“Provinsi Riau status siaga darurat. Luas lahan yang terbakar juga sudah mencapai puluhan ribu hektare. Jangan sampai ini mengganggu aktivitas penerbangan sehingga berimbas kepada pertumbuhan ekonomi, aktivitas ekonomi di Provinsi Riau,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Novotel Pekanbaru, Riau, Senin (16/9/2019).

Ia pun dengan sigap memerintahkan kepada aparat penegak hukum agar kiranya segera bertindak tegas terhadap pelaku pembakaran lahan dan hutan.

“Kedua, saya minta juga aparat hukum bertindak tegas, baik kepada perusahaan maupun perorangan. Dan ketiga, lakukan pencegahan agar tidak merembet ke lokasi-lokasi lain, baik di gambut maupun di hutan, apalagi sudah masuk ke wilayah permukiman,” kata Jokowi.

Di hadapan jajaran kabinet dan pemegang jabatan tekait, Jokowi mengatakan kita lalai dalam menangani Karhutla.

“Setiap tahun sebetulnya kita tidak perlu lagi rapat seperti ini, otomatis bahwa menjelang musim kemarau itu harus sudah siap. sebetulnya itu saja. Tapi kita lalai, sehingga, asapnya jadi membesar,” ujar Jokowi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *