Soal Corona, Ini Tips Mencegah dari Wakil Dekan 3 FK Unismuh

Kabarnusantaranews, Makassar;- Soal virus corona yang kini viral sangat membahayakan.Bahkan saat ini sangat meresehkan banyak masyarakat Indonesia, termasuk warga Makassar.

Melihat hal tersebut, Wakil Dekan 3 Fakultas Kedokteran (FK) Unismuh Makassar dr Irwan Ashari menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyebaran Corona Virus.

Bagi dr Irwan Ashari yang harus dilakukan untuk mewaspadai wabah corona ini adalah dengan melakukan tindakan pencegahan yang tepat seperti menjaga kebersihan diri, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai masker bila batuk dan flu, mengkonsumsi gizi seimbang (konsumsi sayur dan buah).

“Juga jaga kebersihan lingkungan, banyak minum air putih, olahraga dan istriahat yang cukup, serta melatih tangan anda untuk tidak sering menyentuh wajah (hidung dan mulut),” kata dr Irwan Ashari saat dikonfirmasi, Rabu (4/3/2020).

Owner Klinik Parakita Makassar ini mengajak pula masyarakat untuk mampu mengenali gejala virus corona seperti demam, batuk flu, sesak nafas.

“Jika memeliki gejala tesebut, harus segera memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan penanganan Virus Corona,” tuturnya.

Dengan demikian, Wakil Ketua Bidang Kesehatan Pemuda Muhammadiyah Makassar ini mengimbau kepada masyarakat tetap tenang/tidak perlu panik, agar kita dapat mengambil keputusan dan melakukan tindakan pencegahan dan deteksi yang tepat.

“Panik dan stres yang berlebihan justru berpotensi membuat daya tahan tubuh kita menjadi lemah, dan mudah terserang virus, termasuk Corona Virus,” tutupnya.

Ia pula berdoa agar warga kota Makassar senantiasa dilindungi dari segala macam musibah diantaranya virus corona ini.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *