Soal Capres 2024, KIB Bakal Umumkan Usai Dua Parpol Lain Gabung Koalisi

Kabar Nusantara News, MAKASSAR – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bakal mengumumkan capres dan cawapres 2024 jika ada satu atau dua parpol lagi yang bergabung. Saat ini, KIB didalamnya ada Partai Golkar, PAN dan PPP.

Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengaku, koalisinya masih menunggu bergabungnya anggota baru. Sebab menurutnya, gelaran pemilihan Presiden masih panjang sehingga tidak perlu buru-buru.

Pernyataan tersebut, disampaikan Airlangga dalam acara Silatnas (Silaturahmi Nasional) KIB yang digelar di Hotel Dalton Makassar, Minggu (6/11/2022). Selain Airlangga, hadir juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono.

“KIB masih menunggu satu dua partai lain. Jadi kalau satu dua partai lain bergabung, baru kita announce siapa yang akan didukung KIB. Namanya KIB plus-plus”, tutur Airlangga dalam keterangannya, (6/11).

Airlangga menjelaskan, KIB sudah punya tiket premium untuk mengusung capres dan cawapres sendiri. Pasalnya, gabungan partai di KIB sudah memenuhi presidential threshold sebesar 20 persen.

Kendati demikian, Airlangga menyebut KIB menjunjung tinggi inklusifitas, sehingga koalisi ini terbuka bagi partai mana pun.

Ia juga membeberkan, kriteria capres dan cawapres yang akan diusung KIB. Seperti, memiliki jam terbang tinggi, Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Anggota (KTA) partai politik.

“Disini banyak kader yang sudah berpengalaman. Jam terbangnya tinggi, yang paling penting selain punya NIK, punya KTA. Karena ini KIB adalah koalisi yang anggotanya partai politik. Jadi kalau parpol perlu NIK dan KTA. Ini menjadi kunci”, tutur Airlangga.

Airlangga memastikan KIB tidak akan mengumumkan capres dan cawapres pada November. Sebab, menurut KIB, Bulan November ini bertepatan dengan Bulan Rabiul Akhir menurut kalender Islam.

“Jadi kalau Rabiul Akhir harus berhati-hati. Maka kita mesti cari bulan yang betul-betul alam semestanya mendukung kita dan baik. Dari situlah akan kita luncurkan siapa cawapres dan capres dari KIB”, tutur Airlangga.

“Kedua, bulan ini Indonesia punya hajatan besar. Tentu kita berkonsentrasi untuk hajatan besar, G20. Sehingga kita butuh soliditas untuk kepemimpinan Indonesia di tingkat global”, tandasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *