Sinergi TNI-Polri, Kipan A Yonif 725/Woroagi Sosialisasi Safety Riding

Kabarnusantaranews,BauBau;– Guna meningkatkan disiplin dalam berkendara khususnya bagi prajurit Kompi Senapan (Kipan) A Yonif 725/Woroagi, Anggota Satlantas Polres Bau-bau yang dipimpin Ipda Hermansyah memberikan sosialisasi tentang Safety Riding/Berkendara dengan Aman yang dilaksanakan di Aula Kipan A Yonif 725/Woroagi Jl. Poros Pasar Wajo, Kel. Kaisabu Baru, Kec. Sorawolio, Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pgs. Perwira Seksi (Pasi) Intel Yonif 725/Woroagi Letda Inf Fiqi Istiandara, S.Tr.,(Han). dalam rilisnya di Mako Yonif 725/Woroagi Ds. Rambu-rambu Jaya, Kec. Ranomeeto, Kab. Konawe selatan, Kamis, (28/1).

“Untuk menekan terjadinya korban kecelakaan lalu lintas (Laka Lalin) khsusnya bagi seluruh prajurit Yonif 725/Woroagi, anggota Kipan A yang berada di Bau-bau menerima penyuluhan tentang Safety Riding atau berkendara dengan aman, sehingga harapannya para anggota lebih memahami tentang etika dalam berkendara,” ungkap Fiqi.

“Dalam berkendara juga ada beberapa hal yang paling penting harus diperhatikan baik itu dalam berkendara roda 4 (Empat) maupun dalam berkendara roda 2 (Dua), yaitu kelengkapan-kelengkapan administrasi berupa surat-surat kendaraan bermotor yakni SIM dan STNK serta kelengkapan kendaraan lainnya yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),” lanjutnya.

Adapun materi yang disampaikan diantaranya UU No 22 thn 2009 tentang lalulintas angkutan jalan, batas kecepatan, menggunakan helm SNI, menggunakan safety belt pada kendaraan roda 4, tidak melawan arus lalin, tidak menggunakan HP saat berkendara serta penanganan saat kecelakaan lalu lintas.

Sesekali terlihat, pemateri menyampaikan dasar hukum tentang berlalu lintas serta menjelaskan prioritas terhadap kenderaan vital, seperti ambulance, pemadam kebakaran dan rombongan VVIP.

Ditempat yang berbeda, Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 725/Woroagi Mayor Inf Muhammad Amin, S.IP., mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mendorong seluruh prajurit menjadi pelopor sikap santun di jalan raya, dengan menggunakan peralatan keselamatan berkendara dan turut memberikan edukasi kepada keluarga dan rekan serta masyarakat untuk berlalu lintas dengan baik guna menghindari kecelakaan.

“Siapapun bisa saja menjadi pelaku maupun korban kecelakaan, minimnya pengetahuan tentang Safety Riding dan Safety Driving juga menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, oleh karena itu saya mengingatkan kepada seluruh anggota Yonif 725/Woroagi untuk selalu taat berlalu lintas,” ujar Muhammad Amin.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan Prajurit Yonif 725/Woroagi dalam berlalu lintas sehingga menekan angka kecelakaan dan kematian yang disebabkan oleh kelalaian prajurit dalam berkendara,” tutupnya.

Usai menerima penyuluhan tentang Safety Riding, anggota Kipan A Yonif 725/Woroagi kemudian melanjutkan kegiatan di Satlantas Polres Bau-bau untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi yang belum memiliki. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *