Wednesday, October 5, 2022
HomeKESEHATANSimak, Manfaat Merawat Tanaman Hias Bagi Kesehatan

Simak, Manfaat Merawat Tanaman Hias Bagi Kesehatan

- Advertisement -

Kabarnusantaranews,Makassar;– Tanaman hias untuk dekorasi rumah bukanlah hal yang baru. Akan tetapi, tren dekorasi rumah menggunakan tanaman saat ini diyakini semakin berkembang, apalagi ditengah pandemi yang mengaharuskan masyarakat untuk banyak beraktivitas dirumah.

Bukan hanya untuk menambah suasana yang asri dan mempercantik dekorasi rumah saja, ternyata merawat tanaman hias atau menempatkan tanaman hias di dalam ruangan memberikan inspirasi tersendiri dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari www.rumah.com, Minggu (14/2), berikut manfaat tanaman hias bagi kesehatan.

1. Kaktus

Meski kecil dan berduri, ternyata kaktus punya manfaat kesehatan yang besar. Tanaman yang mudah dirawat ini bisa mengurangi efek radiasi layar komputer dan alat elektronik lainnya. Cocok untuk diletakkan di meja kerja Anda atau sekaligus penghias hunian mungil di tengah kota, seperti apartemen.

2. Lidah Mertua

Meski namanya lucu, tanaman lidah mertua memberi manfaat yang serius untuk ruangan Anda. Tanaman berbentuk runcing seperti lidah buaya ini dapat menyerap polusi udara serta debu dalam rumah. Untuk Anda yang alergi debu, dapat mencoba meletakkan tanaman dalam pot ini di sudut ruangan, terutama dekat dengan pintu masuk.

3. Bambu di Dalam Pot

Tanaman bambu tak melulu harus besar, banyak, dan berada di luar rumah. Anda bisa meletakkan tanaman bambu kecil dalam pot di dalam hunian atau biasa disebut dengan bambu hias. Tanaman yang dipercaya masyarakat Tionghoa sebagai pembawa keberuntungan ini ternyata punya manfaat mengubah karbondioksida dalam ruangan menjadi oksigen agar ruangan lebih segar.

4. Palem

Palem yang Anda letakkan dalam pot cantik dalam ruangan akan mencuri perhatian tersendiri. Selain menekankan unsur visual hunian bergaya tropis dan mediterania, tanaman palem dapat menetralisir zat berbahaya dari asap rokok, seperti seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida.

5. Lili Paris

Lili paris mudah Anda jumpai di tempat penjual tanaman. Meski pasaran, manfaat lili paris juga masif untuk kesehatan. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, lili paris dapat Anda letakkan di sudut atau tengah meja kosong dan biarkan ia menyerap karsinogen, benzena, dan nikotin, kemudian mengubahnya menjadi oksigen yang baik untuk kesehatan.

6. Lidah Buaya

Manfaat lidah buaya kini lebih dikenal sebagai pelembap kulit. Tapi lidah buaya juga bisa membersihkan udara. Menurut penelitian, satu pot lidah buaya hampir setara dengan sembilan pembersih udara biologis. Bahkan, saat jumlah racun di udara melebihi jumlah yang sehat dalam ruangan maka lidah buaya akan memberikan sinyal dengan munculnya bintik hitam pada sekujur tubuh runcingnya.

7. Lavender

Meski terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, sebenarnya lavender juga punya manfaat lain bagi kesehatan, yakni mengeluarkan zat yang bisa membuat Anda lebih rileks sehingga cocok untuk Anda yang sering sakit kepala dan susah tidur. Lavender akan sangat cocok bila Anda letakkan di ruang bersantai atau di sudut kamar tidur Anda.

8. Tanaman Giok

Tanaman giok memiliki tekstur daun tebal dan subur, serta cabang-cabang yang menarik secara visual. Tak hanya itu, tanaman ini pun sangat mudah dirawat. Tanaman giok tidak membutuhkan banyak air, sehingga berikan air secukupnya saja dan jaga agar kondisi tanahnya tetap kering atau tidak terlalu basah. Tanaman ini pun cocok diletakkan di ruangan yang punya pencahayaan terang dan suhu ruang.

9. English lvy

Ini adalah tanaman merambat yang bisa Anda gunakan untuk menutup tembok atau dinding rumah. Akar pada ruas-ruas batangnya tumbuh menjalar di dinding dengan cantik tanpa merusak dinding. Ekstrak daun ivy bisa digunakan sebagai bahan pembuatan obat batuk karena mengandung ekspektoran. Daunnya mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat mengobati radang sendi, encok, atau rematik.

10. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman merambat dengan akar gantung yang melilit di pohon, dengan bentuk daun seperti jantung hati. Karena tangkainya yang panjang dan menjulur tanaman indoor ini cocok juga untuk vertical garden, atau digantung. Sirih gading diyakini ampuh menyingkirkan racun seperti formaldehida dan karbon monoksida di ruangan.

- Advertisement -




RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -







Most Popular

Recent Comments