Sensus Penduduk Online Gowa Lampaui Target Nasional

Kabarnusantaranews, Gowa ;– Pelaksanaan Sensus Penduduk Online Kabupaten Gowa yang dilaksanakan pada 15 Februari hingga 29 Mei lalu ini berhasil melampaui dari target nasional yaitu 18,12 persen. Capaian Kabupaten Gowa 1,46 persen di atas dari target nasional yaitu 16,66 persen.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Gowa, Usman saat menghadiri Rapat Koordinasi pelaksanaan Sensus Penduduk tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang dilaksanakan secara virtual di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (31/8)

“Jumlah penduduk Kabupaten Gowa yang ikut sebanyak 142.167 orang ikut berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Online. Itu artinya sekitar 18% dari total penduduk ikut sensus penduduk secara online,” kata Usman.

Atas prestasi ini Kabupaten Gowa menerima penghargaan dari BPS Nasional sebagai kabupaten dengan capaian response rate yang melebihi target dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online dan penghargaan kepada Bupati Gowa atas dukungan dalam melampaui target pelaksanaan sensus online di Kabupaten Gowa.

Kedua penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala BPS Kabupaten Gowa, Usman kepada Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

“Sensus online yang dilaksanakan beberapa waktu lalu, kebanyakan masyarakat perkotaan yaitu Somba Opu dan Pallagga karena berkait dengan jaringan,” jelasnya

Lanjut Usman, selain sensus penduduk secara online, Sensus secara offline juga akan dilaksanakan pada 1 September besok selama satu bulan. Sensus ini akan mendata masyarakat yang belum melakukan sensus penduduk secara online.

“Jumlah petugas yang kami turun 561 orang mitra. Mereka juga kami lengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, hand sanitizer, face shield dan mereka juga sudah dirapid tes,” ungkapnya.

Ia juga berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Gowa bersama jajaran hingga tingkat RT dan RW selama pelaksanaan sensus penduduk secara offline ini.

Sementara itu, Bupati Adnan mengatakan bahwa pencapaian Kabupaten Gowa dalam pelaksanaan sensus secara online ini merupakan kerja keras dan kerja sama yang baik hingga tingkat RT dan RW. Begitupun dengan respon masyarakat yang tinggi untuk ikut berpartisipasi melakukan sensus secara online.

“Saya berharap ini bisa dijaga supaya kita bisa mendata seluruh masyarakat Kabupaten Gowa. Sehingga kita tahu betul jumlah penduduk Kabupaten Gowa dan juga kita mengetahui status yang ada di wilayah Kabupaten Gowa agar ketika ada program bantuan tidak ada lagi yang tidak mendapatkan bantuan sesuai dengan yang berhak,” ujar Adnan.

Selain itu, Bupati Adnan yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Gowa meminta seluruh petugas sensus yang akan ke masyarakat untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Kemudian masyarakat juga saya minta tetap menjaga jarak, tidak berkontak dengan para petugas sensus dan juga rajin-rajin membersihkan tangannya dan selalu memakai masker,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga Bupati Adnan didampingi Kepala BPS Kabupaten Gowa melakukan pemasangan tanda pengenal kepada petugas sensus penduduk di Kabupaten Gowa dan menyatakan sensus penduduk di Kabupaten Gowa dimulai.

Turut hadir dalam kegiatan Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DiskominfoSP) Kabupaten Gowa, Arifuddin Saeni, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gowa, H. Ambo dan para camat se Kabupaten Gowa. (JN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *