Sekprov Kukuhkan Pejabat Dinas Perpustakaan Sulsel

Kabarnusantaranews, Makassar;- Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani, mengukuhkan dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Fungsional Pustakawan dan Arsiparis Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Gammara Makassar, Kamis, 28 November 2019.

Dalam arahannya, Abdul Hayat mengatakan bahwa perpustakaan adalah salah satu objek vital bagi sebuah negara.

“Kalau tidak ada perpustakaan, saya kira negara ini akan jatuh. Kita tidak bisa memandang enteng yang namanya perpustakaan,” kata Abdul Hayat.

Untuk itu, Abdul Hayat menegaskam semua pihak yang terlibat pada bidang ini perlu mengoptimalkan proses pengarsipan dan dokumentasi.

“Banyak orang bermasalah karena arsipnya tidak jelas, banyak yang mengalami masalah hukum karena dokumen tidak bisa diterbitkan. Kita tidak boleh bermain-main masalah dokumen dan arsip,” lanjutnya.

Menutup arahannya, Abdul Hayat menyebutkan, di era teknologi informasi yang terbuka, dokumentasi dan pengarsipan harus memiliki standar yang jelas.

“Ada banyak aspek yang harus kita waspadai di dalam menegakkan profesionalisme dalam mengawal kearsipan negara kita, karena sesungguhnya arsip bagi pemerintah adalah jati diri bangsa,” tegas Abdul Hayat.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Hasan Sijaya serta para pimpinan Lembaga Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten-Kota se-Sulawesi Selatan. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *