Sedekah Digital, BSSB Pasang Aplikasi “Qris” di Masjid Agung

Kabarnusantaranews, Luwu ;– Bank Sulselbar (BSSB) Cabang Utama Palopo kembali melakukan pemasangan aplikasi digital di Masjid Agung Luwu- Palopo setelah terpasang di beberapa tempat.

Disebutkan ini adalah salah satu terobosan dari Bank Sulselbar bagi para jamaah yang akan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah secara digital.

“Adanya aplikasi Qris yang kami pasang ini agar jamaah tidak perlu lagi menggunakan uang tunai saat berinfaq,” ucap Ruslan, Pimpinan Bank Sulselbar Palopo, kepada wartawan, Minggu (7/6).

Aplikasi Qris ini juga telah dijalankan di sejumlah instansi seperti Badan Amil Zakat dan Dinas Perhubungan Palopo pada April lalu.

Dengan hadirnya Qris yang mulai menyentuh seluruh lapisan masyarakat ini, menunjukkan masyarakat telah siap dengan era normal baru utamanya antisipasi penyebaran Covid-19 melalui uang tunai.

“Aplikasi tersebut akan mengarahkan masyarakat untuk ’cashless sociaty’ atau non tunai,” sebut Ruslan.

Qris atau Quick Response Code Indonesian Standard yang dirilis Bank Indonesia beberapa waktu lalu memang sedang digiatkan oleh lembaga jasa keuangan tak terkecuali Bank Sulselbar sendiri. Diklaim ini akan memudahkan masyarakat dalam proses pembayaran hingga bersedakah.

Dengan pembayaran secara non tunai ini, kata Ruslan, akan memudahkan masyararakat yang akan bersedakah karena hanya menempelkan handphone di barcode yang telah terpasang di Masjid tersebut.

“Ini pastinya memudahkan dan pembayaran retribusinya juga langsung masuk ke rekening. Semua chanel-chanel pembayaran seperti apps, ovo, gopay, link aja itu terkoneksi. Tapi untuk memanfaatkannnya masyarakat harus menginstal aplikasi Qris ini terlebih dahulu dan melakukan top up,” tandasnya. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *