Salah Gunakan Dana Desa, Dua Kades Di Bone Jadi Tersangka Tipikor

Kabar Nusantara News;- Polres Bone akhirnya resmi menahan Kepala Desa Pattiro Riolo Samsuddin Yesa dan Syamsuddin Rahman Plt.Kepala Desa Pattiro Riolo, Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone, Senin (6/8/2018) sore.Makassar (07/08/2018)

Hal ini disampaikan Kapolres Bone, AKBP Kadarislam Kasim, saat press release di ruang unit Tipidkor Mapolres Bone, Selasa (7/8/2018) siang.

Keduanya ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan hasil temuan BPK. Dimana ditemukan kerugian negara sekitar Rp 540.851.000.

Yakni penyimpangan ADD sebesar Rp 103.585.000 dan penyimpangan Dana Desa sebesar Rp 437.266.000, meskipun Inspektorat sendiri tidak menemukan penyimpangan.

“Saya gunakan untuk membangun juga untuk terpilih kembali sekitar Rp300 juta, yang lain untuk pembangunan talud dimasing-masing 4 dusun,” terang Syamsuddin Yesa.

Syamsuddin Yesa juga megakui perbutannya dan mengaku khilaf atas apa yang dilakukannya.

“Saya mengerti salah saya, saya mohon maaf sebagai pemerintah Desa Patiro Riolo karena saat itu saya dipercaya pegang dana. Saat Inspektorat ada temuan tapi disuruh lanjutkan,” akunya.

Selain Kades Pattiro Riolo, ada tiga kepala desa yang sementara dalam penyidikan dan dua lainnya masih dalam tahap penyelidikan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *