Pusat Kajian Fisip UIT Memulai Agenda 2020

Kabarnusantaranews, Makassar;- Pusat Kajian Sosial Politik (PKSP) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) UIT dalam menggelar Pelatihan Menulis Opini.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 1 Universitas Indonesia Timur (UIT) Jalan Rappocini Raya, Senin, 27/01/2020.

Pelatihan yang pesertanya merupakan dosen dari beberapa fakultas di Universitas Indonesia Timur itupun terbilang cukup aktif mulai dari pembukaan hingga akhir kegiatan.

Pelatihan Menulis Opini tersebut dibuka langsung oleh Dra. Nani Harlinda Nurdin, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Timur.

“Agar budaya menulis bagi dosen terus berlanjut, karena terbiasa menulis dari penelitian belum maksimal. Dengan membudayakan menulis bisa saling melengkapi, karena bisa menjadi satu penelitian lebih lanjut dan hasilnya bisa menghasilkan artikel, sebab publikasi juga merupakan indikator pemeringkatan perguruan tinggi,” ujarnya disela-sela kegiatan.

Beliau mengharapkan agar para peserta yang ikut kelas penulisan, bisa segera mem-publish gagasan sebagai sumbangan bagi kepentingan kemajuan ilmu pengetahuan. hal tersebut beliau sampaikan dalam sambutannya.

Ketua Pusat Kajian Sosial Politik, A. M. Azhar Aljurida, S.IP, M.Adm.Pemb. yang juga dosen Mata kuliah Politik dan Pancasila di Universitas Indonesia Timur.

“Karena dari hasil kajian, ternyata para dosen tidak cukup melahirkan karya-karya melalui jurnal, tetapi mereka perlu menurunkan gradenya dengan menyampaikan pesan kepada publik melalui tulisan-tulisan di media-media publik,” ungkapnya saat di wawancarai oleh awak media.

Azhar juga menyampaikan bahwa pelatihan Menulis Opini itu bertujuan agar para dosen dan ilmuwan bisa berkontribusi kepada masyarakat melalui pemikiran dan gagasan ilmiah.

Adapun Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si yang merupakan seorang Praktisi bidang Komunikasi dan Politik, sekaligus Direktur Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jurnalis Online Indonesia (Pusdiklat Join) Nasional serta Wakil Rektor IV, Bidang Humas kerjasama dan Inovasi di UIT berperan penting dalam pelatihan Menulis Opini tersebut.

Sosoknya selaku pemateri ahli sangat membantu para peserta dalam memahami materi yang telah ia paparkan.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *