PSI Ingatkan Pemerintah Siapkan Regulasi New Normal

Kabarnusantaranews, Makassar ;–Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulsel mengingatkan pemerintah khususnya di Sulawesi Selatan untuk menyiapkan beragam perangkat regulasi serta sistem pendukung dalam menghadapi era normal baru (new normal).

“Pemerintah harus segera menerbitkan pergub, perwali ataupun perbup untuk mengatur protokol kesehatan khususnya di area publik seperti mal, pasar, toko, perkantoran, sarana kesehatan publik, pendidikan dan rumah ibadah serta tempat-tempat umum lainnya yang menghadirkan keramaian,” tegas Fadli Noor, Ketua DPW PSI Sulsel,

Ia menambahkan, Regulasi tersebut harus disertai kewajiban menyiapkan perangkat kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus corona antara lain sarana cuci tangan, hand sanitizer serta rutin melakukan penyemprotan disinfektan.

“Untuk memastikan terpenuhinya seluruh protokol kesehatan tersebut, pemerintah harus rutin melakukan kegiatan inspeksi dalam penegakan regulasi,” sebutnya

Selain itu, pemerintah harus rutin mengambil sampel acak dengan metodologi uji sampling pada setiap titik-titik sarana publik untuk melakukan swab test.

Saat ini vaksin dan obat covid-19 belum ditemukan namun kegiatan produktifitas negara harus terus berjalan agar negara memiliki pendapatan untuk membiayai sektor kesehatan dan sektor lainnya. Untuk itu upaya preventif harus dilaksanakan namun tetap produktif agar kebutuhan kuratif bisa terpenuhi. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *