PLUT Sulsel Dan FTA Center Makassar Jalin Sinergi

Kabar Nusantara News;- Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sulawesi Selatan menjalin sinergi dengan Free Trade Agreement (FTA) Center di Makassar.Makassar (03/09/2018)

Sinergi ini dalam bentuk kerjasama konsultasi, edukasi dan advokasi bagi UMKM binaan PLUT Sulsel dalam memahami dan memanfaatkan perundingan perdagangan internasional dalam mengakses pasar global.

Bertempat di FTA Center Makassar, Kantor Perdagangan Prov. Sulsel,Jl.Manunggal 22, konsultan PLUT Sulsel terdiri dari koordinator konsultan, Bahrul ulum Ilham dan konsultan pemasaran, Salman Sahmad mengadakan pertemuan dengan tenaga ahli FTA Center Makassar, Jumat (31/8/2018).

Hadir dari FTA Center Makassar, tenaga ahli bidang akses pembiayaan dan tata cara ekspor, Chairil Burhan dan tenaga ahli Bid.implementasi perjanjian perdagangan internasional, Rezal Hadi Basalamah.

FTA Center Makassar adalah satu dari 5 (lima) FTA Center yang didirikan Kementerian Perdagangan di Indonesia, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, bandung dan Makassar.

FTA Center ini menjadi pusat informasi tentang Perjanjian Perdagangan Bebas (Free Trade Agreement/FTA) yang merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2017 tentang Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2018.

“Kami di FTA Center punya tiga orang Tenaga Ahli/Konsultan yang memiliki keahlian di bidang implementasi hasil perjanjian perdagangan internasional, akses pembiayaan dan prosedur ekspor, serta strategi promosi dan pemasaran,” ujar Chairil.

Karena itu, ia mengajak adanya sinergi pada UMKM binaan PLUT yang potensial atau berorientasi ekspor dapat memanfaatkan jasa layanan FTA Center.

Berkaitan hal tersebut, konsultan pemasaran PLUT Sulsel, Salman Sahmad mengatakan, PLUT Sulsel akan menjalin sinergi dengan FTA Center Makassar dengan mengadakan kegiatan peningkatkan kapabilitas (capacity building) pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu bersaing di pasar global.

“Kita memiliki banyak UMKM yang potensial atau berorientasi ekspor namun kurang memahami terkait prosedur eksport. Dengan sinergi FTA Center diharapkan dapat meningkatkan nilai tambah dan daya saing pelaku UMKM di Sulsel, tambahnya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *