Pj.Walikota Makassar Turut Menyaksikan Pentasan I Lagaligo di Jakarta

Kabarnusantaranews, Makassar;- Pentas I Lagaligo menuai perhatian dari banyak kalangan baik masyarakat di luar negeri maupun di dalam negeri.

Tidak terkecuali Pj Wali Kota Makassar Dr. M. Iqbal S. Suhaeb yang secara langsung menyaksikan pementasan drama kolosal tersebut di gedung Ciputra Artpreneur Theater, Jalan Prof. Dr. Satrio, Kav 3 – 5 Ciputra World, Jakarta, Minggu (7/07/2019).

Drama I Laga Ligo adalah pementasan panggung yang naskahnya diadaptasi dari Sureq Galigo, naskah Bugis Kuno berasal dari abad 14. Sureq Galigo telah diakui UNESCO sebagai World Heritage – Memory of The World.

Telah dipentaskan pada skala dunia seperti di Singapura, New York, Amsterdam, Barcelona, Perancis, dan Milan, lalu akhirnya kembali ke Indonesia dengan animo yang luar biasa.

Cerita daerah dari tanah Luwu Sulawesi Selatan ini diadaptasi dan disadur oleh Rhoda Grauer menjadi kisah yang menggambarkan petualangan,humanis perjalanan, peperangan, kisah cinta terlarang, upacara pernikahan yang rumit, dan juga pengkhianatan.

Pj Wali Kota Iqbal yang hadir menyaksikan langsung pertunjukan drama ini berpesan kepada seluruh warga Makassar untuk mengambil hikmah dari pentas drama ini, agar jangan mudah percaya hoaks seperti halnya pesan yang tersirat dalam cerita I Laga Ligo.

“Kabar bohong atau hoaks dapat menghancurkan siapa saja, menyebabkan pertikaian antara sesama dan juga mala petaka. I Laga Ligo bercerita tentang tersebarnya kabar yang tidak disaring kebenarannya hingga akhirnya berakhir pada kepiluan. Olehnya itu jangan mudah percaya hoaks dan cerdaslah dalam memilah informasi,” ujar Iqbal.

Sejak dipentaskannya Drama ini pada pelaksanaan Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF).pada tahun 2018 lalu di Pulau Peninsula, kawasan The Nusa Dua. Bali, disaksikan oleh berbagai pasang mata yang berjumlah 36.339 orang. datang dari 15.449 orang peserta asal Indonesia dan 21.620 orang dari delegasi negara peserta Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF).

Selain Pj Walikota Makassar pementasan drama ini disaksikan pula bapak Tanri Abeng,Kepala Disnaker Kota Makassar Mario Said, Kepala Bappedda Iriani khadijah, Kadis DP3A Tenri Palallo, Kadis DKP Sri Susilawati, Asisten I Azis Hasan, Asisten II A Irwan Bangsawan, Sekda Kota Makassar M Ansar, Kabag Humas Muhammad Roem, dan Kadis PM & PTSP Firman Hamid Pagarra.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *