Kabarnusantaranews, Gowa ;– KPU Gowa, akan melaksanakan uji coba aplikasi E-Coklit untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak lanjutan tahun 2020.

Sesuai petunjuk pelaksanaan Pilkada serentak lanjutan yang ditetapkan melalui Perppu nomor 2 tahun 2020, maka KPU akan mulai mempersiapkan beberapa mekanisme pelaksanaan pilkada dengan tetap memperhatikan pandemi Covid19.

Semoga saja Pandemi Covid 19 ini dapat segera teratasi sehingga pelaksanaan Pilkada Serentak Lanjutan dapat dilaksanakan di bulan Desember 2020,” tutur Wasilah Koordinator Divisi Data.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggagas pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih berbasis eletronik.

Jika selama ini Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih melalui Door To Door (dari rumah warga) dilakukan secara manual maka nantinya dengan menggunakan aplikasi E-Coklit yang berbasis smartphone.

Dimana petugas pemutakhiran data pemilih akan melaksanakan pengecekan data melalui RT/RW disetiap wilayah, sehingga diharapkan data pemilih yang dihasilkan lebih akurat dan transparan, masyarakat dapat memantau/melaporkan prosesnya secara langsung melalui smartphone.

Uji coba aplikasi E-Coklit serentak di 12 Kabupaten/Kota se-Sulawesi Selatan tanggal 14-15 Mei 2020.

“Khusus untuk Kab. Gowa, uji coba akan dilaksanakan di Kecamatan Manuju dan Kecamatan Tompobulu, berkoordinasi dengan Bawaslu, Pemerintah Daerah dan gugus tugas Covid 19 serta melibatkan 10 orang PPK sebagai petugas E-Coklit,” ucap Wasilah. (Ar/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here