Pemda Luwu Jemput Langsung Pengungsi dari Wamena di Pelabuhan Soetta

Kabarnusantaranews, Makassar;- Ratusan pengungsi dari Wamena tujuan Kabupaten Luwu tiba di pelabuhan Soekarno-Hatta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Para pengungsi ini di jemput langsung oleh Pemerintah Kabupaten Luwu yakni Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan BPBD Luwu.

Kepala Dinas Sosial Baharuddin yang ditemui di lokasi penjemputan mengatakan jika jumlah pengungsi yang tiba dari Wamena untuk gelombang ke empat ini sekitar 100 orang.

“Pengungsi kurang lebih 100 orang dan ini gelombang ke empat yg difasilitasi pulang ke Luwu dimana yang terbanyak dari keempat gelombang itu.”Ungkapnya kepada Awak media, Jumat, 18/10.

Ia menjelaskan, ada pub masyarakat Luwu yang tiba itu kebanyakan berdomisili di Kecamatan Walmas dan Kecamatan Ponrang.

“Kecamatan yang paling banyak walmas, dengan ponrang.”Tambahnya.

Menurutnya, saat ini masih banyak masyarakat Luwu yang ingin pulang namun menanti jadwal kapal berikutnya.

“Masih banyak masyarakat Luwu yang ingin pulang dari Wamena ada ribuan masyarakat luwu raya dan toraja.tapi tunggu jadwal kapal dulu.”Imbuhnya.

Sata ini, lanjut Baharuddin mengatakan jika Pemerintah Luwu berkomitmen memulangkan semua masyarakat Luwu dari wamena karena ini persoalan kemanusiaan.

“Pemerintah akan selalu menjemput jika ada yg pulang dengan berkomunikasi drngan kkl raya di papua.Kita tetap mempercayakan pihak keamanan untuk menjaga keamanan warga kita disana jika sudah tidak kondusif kita akan memulangkan.”

Pengungsi ini dijemput dengan Bus yang telah disedikan Pemerintah dan akan langsung di berangkat ke Kabupaten Luwu.(arh/ft)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *