Pekan Depan, PTSP Makassar Layani Pencetakan e-KTP

Kabarnusantaranews, Makassar ;– Mulai Senin (18/3/2019), Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Makassar melayani pencetakan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

Hal ini ditetapkan berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Wali Kota Makassar, nomor 470/82/S.edar/Disdukcapil/III/2019 tentang Pelimpahan Kewenangan Terbatas Urusan Administrasi Kependudukan.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Aryati Puspasari Abady menjelaskan, pelimpahan kewenangan ini dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan administrasi kependudukan. Alasannya, jika dipusatkan di kantor induk disdukcapil, penumpukan pelayanan bisa terjadi.

“Ini kan banyak orang yang mengurus dokumen administrasi kependudukan, makanya pelayanan juga disebar ke PTSP dan tiap kantor kecamatan,” beber Puspa yang dikonfirmasi SINDOnews. Jumat (15/3/2019).

Dalam hal pencetakan dan aktivasi KTP elektronik (e-KTP), Kantor Disdukcapil Makassar menangani zona Timur, diantaranya Kecamatan Panakukang, Tamalate, Biringkanaya, Manggala, Rappocini, Tamalanrea, dan Kepulauan Sangkarrang.

Sementara kantor PTSP melayani zona Barat, yakni bagi warga yang di wilayah Kecamatan Mariso, Mamajang, Makassar, Ujung Pandang, Wajo, Bontoala, Tallo, dan Ujung Tanah.

Sedangkan kantor kecamatan diberi kewenangan untuk perekaman data e-KTP, surat pindah pindah keluar antar kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota, dan pengurusan KIA.

Hanya saja, lanjut Puspa, pengurusan KIA bisa dilakukan di kantor kecamatan jika sudah memiliki akta kelahiran.

“Nah, bagi warga yang belum punya akta kelahiran harus diurus dulu di capil atau PTSP sesuai dengan wewenang pelayanan,” sambungnya.

Sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal-PTSP Makassar, Firman Hamid Pagarra menuturkan, Pemkot Makassar terus berupaya memaksimalkan pelayanan publik di PTSP Bintang Lima. Termasuk membuka gerai pelayanan e-KTP di PTSP.

“Ini kita lakukan untuk mendekatkan pelayanan. Karena di kantor dukcapil sudah panjang antrian di sana. Makanya dibuka juga di PTSP,” sebut Firman. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *