Kabarnusantaranews,Pontianak;– Panglima Kodam XII/Tanjungpura menghadiri acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat se-Indonesia oleh Presiden Ir H. Joko Widodo secara virtual dari Pendopo Gubernur Kalimantan Barat.

Pangdam XII/Tpr bersama Gubernur Kalbar dan unsur Forkopimda lainnya serta masyarakat penerima sertifikat tanah menyaksikan Kepala Negara menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat di seluruh Provinsi di Indonesia. Pada tahap ini Presiden menyerahkan sebanyak 584.407 sertifikat di 26 Provinsi dan 273 Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Presiden, Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya menyampaikan, sertifikat adalah bukti kepastian hukum atas kepemilikan tanah. Diharapkan melalui kepemilikan sertifikat ini dapat mengurangi sengketa atau konflik tanah di tengah masyarakat.

“Pesan saya simpan baik – baik sertifikat ini. Foto copy taruh dilemari satu yang asli, untuk foto copynya taruh di lemari yang lainnya. Kalau hilang masih bisa diurus dengan cepat lewat foto copy yang ada,” pesan Presiden.

Selanjutnya Kepala Negara juga menyampaikan, dengan sertifikat masyarakat bisa menggunakan untuk kolateral, untuk jaminan ke bank apabila ingin meminjam uang dari bank sebagai modal usaha.

“Silahkan tapi sebelum meminjam ke bank, tolong di kalkulasi, dihitung dengan hati – hati, bisa mengembalikan tidak, karena kalau tidak justru sertifikat akan hilang,” tegas Presiden.

Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji mengungkapkan, untuk tahap sekarang ini Kalbar mendapat sebanyak 52.000 sertifikat. Gubernur berharap kedepannya dapat lebih banyak lagi.

Gubernur berpesan kepada masyarakat penerima untuk bijak memanfaatkan sertifikat yang telah diserahkan.

“Jangan sampai masuk bank untuk bayar uang muka mobil dan motor, lalu diangsur dan bank pun harus diangsur tak bisa balik. Boleh itu untuk mendapatkan modal usaha tapi harus betul-betul dihitung.

Sertifikat itu memang akses untuk mendapatkan modal tapi dihitung betul,” pesan H. Sutarmidji. (Pendam XII/Tpr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here