Menteri Sosial RI Resmikan Balai Rehabilitasi Napza dan HIV di Takalar

Kabarnusantaranews, Takalar;- Menteri Sosial RI, Juliari P Batubara bersama jajaran Kementerian Sosial RI meresmikan Loka Rehabilitasi Sosial Korban Penyalahgunaan Napza dan Orang dengan HIV AIDS (ODHA) Pangurangi di Desa Pattoppakang, Kecamatan Mangngarabombang, Kabupaten Takalar pada Rabu, 12 Februari 2020.

Didampingi oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat Gani, Menteri Juliari juga menandatangani prasasti sekaligus meninjau fasilitas loka yang nantinya mampu menampung masing-masing 200 bagi pasien rehabilitasi Napza dan 200 bagi pasien pengidap HIV.

“Balai ini tempat merehabilitasi saudara kita yang memiliki masalah Napza, juga di balai ini kita bermitra dengan kepolisian khusunya Kepolisian Daerah Sulsel, mudah-mudahan dengan adanya balai ini dapat membantu masalah ketergantungan anak-anak yang terpengaruh karena lingkungan,”sebut Menteri Juliari saat memberi sambutan.

Juliari menyebutkan, Loka Rehabilitasi Pangurangi milik Kementerian Sosial RI ini merupakan lembaga inklusi yang diharapkan dapat memberikan pelayanan pasien rujukan dari seluruh wilayah di Indonesia Timur.

Lembaga ini merupakan lokasi kelima di Indonesia yang menangani pasien Napza dan ODHA selain Jakarta, Jwa Barat, Jawa Timur dan Medan.

“Lembaga ini diharapkan mampu menambah semangat bagi korban penyalahgunaan Napza,” harap Menteri Juliari.

Fasilitas Loka Rehabilitasi Pangurangi terdiri dari asrama bagi putra dan putri, fasilitas olahraga berupa kolam renang, fasilitas ibadah, aula, serta fasilitas menunjang kesehatan lainnya.

Juliari menyebutkan,mulai hari ini lembaga ini ini telah dapat dioperasikan dan menerima pasiean yang telah direkomendasikan oleh Polda Sulsel dan BNN untuk memperoleh rehabilitasi selama enam bulan.

“Sehingga dalam enam bulan ini, kami berharap usai di rehab sudah bisa dikembalikan kepada keluarga,: sebutnya.

Di lokasi yang sama, Menteri Juliari juga melakukan pencarian program sembako Kementerian Sosial RI untuk Kabupaten Takalar.

Hadir dalam kegiatan ini, Anggota Komisi Delapan DPR RI, Andi Ridwan Wittiri dan Samsu Niang, Wakil Bupati Takalar Ahmad Dg Sere, Ketua DPRD Kabupaten Takalar, Ketua TP PKK Kabupaten Takalar dan jajaran Forkopimda Kabupaten Takalar.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *