Makassar New Port 1B dan 1C Senilai Rp.2.8 T di Kerjakan

Kabarnusnataranews, Makassar; Pelindo IV telah memulai pengerjaan Makassar New Port (MNP) dengan nilai kontrak terakhir Rp.2.8 triliun.

Hal ini disampaikan Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang, Sabtu, 22/06.

“1B dan 1C sudah mulai dikerjakan total kontrak yang saya tanda tangani Rp 2,8 triliun, yang kemarin Rp 1,8 triliun dan 300 lebih sekarang Rp 2,8 triliun,” ujar Direktur Utama Pelindo IV Farid Padang, Sabtu (22/6/2019).

Pembangunan sepanjang 1.000 meter ini tengah diburu oleh Pelindo IV untuk menyelesaikan target pengerjaan agar dapat disandari Lima kapal sekaligus.

“Sudah beroperasi sejak Januari sudah ada 100 kapal dilayani. Sudah wajah baru, sudah mendukung distribusi barang baik di Sulawesi selatan, ekspor terkendali, antrian teratur,” jelas Farid.

Lanjut Farid, mengatakan jika saat ini MNP tengah mendapatkan izin navigasi untuk menggunakan dua alur bagi kapal yang ingin bersandar.

“Dulu alur navigasi masih pakai alur pelabuhan lama lalu lanjut ke Makassar New Port sekarang ada ijin dari navigasi dua alur, sekarang alur dalam untuk masuk ke pelabuhan lama yang pelabuhan kita 11 meter dan 9 meter sekarang ke alur dua sekarang langsung bisa masuk,” tambah Farid Padang.

Sebelumnya beredar kabar terkait kerjasama dengan Belanda untuk pembangunan MNP ternyata batal.

“Tidak kita berikan, saya sudah koordinasikan dengan Menteri BUMN dan Menteri Perhubungan tidak ada kerja sama dengan Belanda dengan kita. Mereka kerja sama pendidikan, tidak jadi dia cenderung bantuan kerja sama dengan pelabuhan di Ambon, Makassar New Port masih dikontrol Pelindo,” imbuh Farid.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *