Kabarnusantaranews,Tana Toraja;– Kendenan berada di Lembang Bau Kecamatan Bonggakaradeng Kab Tana Toraja. Jarak dari Makale sekitar 50 km dengan akses jalan aspal dan beton sampai di Buakayu kemudian dari Buakayu ke Kendenan kurang lebih 5 km, sebagian sudah ada rabat sebagian masih berupa jalan rintisan.

Dulu bisa dijangkau mobil 4×4 bahkan mobil truck waktu kemarau tetapi sekarang banyak jalanan longsor dan sempit sehingga hanya bisa motor. Di kendenan ada sekitar 34 rumah penduduk ada 1 gereja.

Tempat objek wisata yang biasa orang menyebutnya Tebing Romantis, berada sekitar 1km dari pemukiman penduduk. Kendenan ini masih alami karena hanya ditempati melepaskan sapi, kerbau dan kuda. Sebagian besar belum terjamah oleh manusia.

Kelebihan dari kendenan ini karena berada di antara 2 objek wisata di Lembang Bau Bonggakaradeng, yakni antara Ollon dan Buntu To’Wai. Jadi lengkaplah kalau mau ke Ollon bisa juga ke Kendenan dan Buntu To’wai.

Saat ini objek2 wisata di Bonggakaradeng belum diperkenankan untuk dikunjungi terutama untuk bermalam karena masih masa pandemi

Fto By : dr. Nataniel Patandean

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here