Legislator Makassar Minta Honor Petugas Satgas Raika Diperhatikan

Kabarnusantaranews,Makassar;– Program Makassar Recover yang berjalan sejak 17 Maret lalu, telah menghabiskan anggaran sebesar Rp50,2 miliar dari total kebutuhan Rp380 miliar. Seluruh anggaran tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk sejumlah kebutuhan.

Mulai dari biaya operasional satuan tugas penguraian kerumunan (satgas Raika), belanja jasa insentif vaksinator, detektor, sarana dan prasarana penunjang bagi para dokter hingga ratusan unit alat GeNose.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, Mario David, mengingatkan, kepada pemerintah kota agar memperhatikan honor para petugas jajaran satgas Raika hingga tenaga kesehatan (nakes), yang bekerja untuk menyukseskan Makassar Recover. Mulai dari biaya operasional hingga makan minumnya.

Sebab, kata Mario, mereka turun ke lapangan tak hanya sekadar mengurai kerumunan di tempat yang berpotensi menjadi klaster baru.

“Orang sudah turun kerja di lapangan tetapi lambat dieksekusi (honor) ini jadi problem, jangan sampe mereka bekerja lantas mereka belum diberikan honor,” katanya.

Selain itu, ia menyebut anggaran yang dihabiskan oleh Pemkot Makassar terbilang wajar. Bahkan, Mario malah mempertanyakan anggaran yang baru digunakan sebesar Rp50,2 miliar tersebut.

“Harusnya sudah hampir setengahnya. Seharusnya 100 miliar karena mereka udah kerja di lapangan,” bebernya.

Jika honor mereka telat dicairkan, maka sambung Mario akan menimbulkan problem yang berkepanjangan di kemudian hari.

“Saya justru mengkritisi kenapa lambat eksekusi. Kenapa baru Rp50,2 miliar, padahal dua bulan lalu mereka meminta 180 dari rencana 380 miliar. Ayo dong kerja cepat kasih serapan anggaran nya. Harus segera dicairkan anggota tawwa dananya. Petugas TNI-Polri, satpol-PP, petugas kesehatan yang bekerja di tiap titik,” tuturnya.

Kendati demikian, Ketua Bappilu DPD NasDem Kota Makassar itu memberi apresiasi bagi para petugas yang telah bekerja maksimal hingga kini.

Disisi lain, anggota Banggar DPRD Kota Makassar lainnya, Hamzah Hamid, menambahkan, manfaat Makassar Recover harus jelas bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Kita berharap agar program untuk penanganan covid-19 ini bisa tepat sasaran. Pada prinsipnya kita mau pemanfaatan anggaran itu, manfaatnya dan efisiensinya. Jadi harus tepat sasaran,” kata Hamzah.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *