KPU RI : Tiga Pertanyaan Akan Diberikan Capres Sebelum Debat

Kabar Nusantara News;- Ada yang berbeda di Debat Capres-Cawapres Kali ini, dimana Pertanyaan di berikan kepada Paslon sebelum Debat.Nasional (05/01/2019)

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan jika pertaanyaan itu diserahkan duluan tapi Soal apa yang akan ditanyakan kepada mereka itu mereka tidak tahu.

“Pertanyaan itu sudah diserahkan duluan, tapi mereka kan nggak tahu apa yang akan ditanyakan karena kan itu seperti bank soal gitu,” ujar Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (5/1/2019).

Menurut Arief, ketiga pertanyaan ini akan dipilih secara acak kepada Paslon Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.

“(Disiapkan) ada 20 pertanyaan, padahal sebenarnya yang ditanyakan cuma masing-masing cuma 3, karena ada 3 segmen yang pertanyaan oleh moderator. Berarti nanti ada 3 untuk paslon nomor 01 dan 02, kan tapi 3 pertanyaan itu mereka belum tahu, tapi mereka sudah mempersiapkan,” ujar Arief.

Arief menjelaskan pertimbangan memberikan daftar pertanyaan debat capres ini agar paslon dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan data. Jadi visi-misi dan program paslon dapat tersampaikan.

“Pertimbangan penting pertama yaitu debat itu sebetulnya salah satu metode kampanye dan tujuan kampanye itu sendiri itu kan untuk menyampaikan visi-misi program masing-masing paslon kepada publik. Nah kalau ada pertanyaan-pertanyaan yang nggak bisa dijawab detail kan pertanyaan itu terkait data dan segala macam dan itu tidak bisa dijawab dengan detail,” tuturnya.

“Itu sebenarnya tujuan inti dari kampanye itu sendiri nggak tercapai karena tujuan inti dari kampanye itu adalah penyampaian visi-misi program masing-masing paslon,” sambungnya.

Selain pertanyaan dengan metode terbuka, pertanyaan dengan metode tertutup akan dilakukan dalam debat. Nantinya pertanyaan ini disampaikan paslon kepada paslon lain.

“Tertutup itu berasal dari masing-masing paslon, 01 mengajukan kepada 02, kemudian 02 mengajukan pertanyaan ke 01. Ini kan nggak ada yang tahu pertanyaannya seperti apa,” tuturnya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *