Kota Makassar Tuan Rumah Bazar Buku “Big Bad Wolf” Terbesar Didunia

Kabarnusantaranews, Makassar;- Tahun ini, Bazar Buku Big Bad Wolf telah sukses diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Balikpapan dan kini Makassar merupakan kota ketujuh di Indonesia yang Bazar Buku Big Bad Wolf kunjungi.

Bazar Buku ini akan diselenggarakan di Celebes Convention Center (CCC) dari tanggal 29 November – 9 Desember 2019.

Bazar Buku Big Bad Wolf tidak dipungut biaya alias gratis biaya masuk gedung dari jam 8.00 hingga 24.00 serta memberikan diskon mulai dari 60 hingga 80 persen untuk semua buku internasional.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pada 2012 mengungkapkan bahwa persentase minat baca masyarakat Indonesia hanya 0.001 persen, artinya dari 1,000 orang Indonesia, hanya satu orang yang senang membaca.

Presiden Direktur Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia, Uli Silalahi yang kini dikenal sebagai Ibu Buku mengatakan, Misi utama adanya Bazar Buku Big Bad Wolf ini adalah untuk meningkatkan minat baca dan mencerdaskan bangsa.

“Membaca adalah jendela dunia, berbagai informasi dapat diperoleh dengan membaca, banyak membaca berarti banyak membuka cakrawala pengetahuan.”Ungkap Uli Silalahi di Hotel Arthama, Kota Makassar, Rabu, 20/11.

“Anak yang sejak dini terbiasa membaca akan lebih percaya diri karena mereka memiliki segudang informasi. Untuk terus meningkatkan tingkat literasi di Indonesia, Bazar Buku Big Bad Wolf terus bergerak untuk mengajak masyarakat agar lebih gemar membaca buku.”Jelasnya.

Menurutnya, Tahun ini sudah tujuh kota yang Bazar Buku Big Bad Wolf hadiri, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, Surabaya, Balikpapan dan Makassar merupakan kota terakhir dan perwakilan untuk Pulau Sulawesi, kami berharap dengan adanya Bazar Buku Big Bad Wolf, literasi di Indonesia terus meningkat.

Berbagai genre buku tersedia dalam Bazar Buku ini, mulai dari seni, budaya, novel, fiksi, romance, sastra, novel grafis, bisnis, arsitektur, memasak, fashion dan masih banyak lagi.

“Tersedia juga buku untuk anak-anak seperti buku cerita, buku untuk mewarnai, sound books, board books, pop up books dengan harga yang sangat terjangkau.”Tandasnya.

Bazar Buku Big Bad Wolf di Makassar juga mempersembahkan Buku Ajaib, buku ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality sendiri adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata yang bersifat interaktif secara real time.

Dengan adanya teknologi Augmented Reality, anak-anak dapat berinteraksi dengan karakter di dalam buku yang baik untuk mengembangkan imajinasi anak-anak.

Terdapat 17 Judul Buku Ajaib, 15 judulnya berbahasa Inggris dan 2 berbahasa Indonesia yaitu Edisi Ayo Solat-Alif untuk laki-laki dan Sofia untuk perempuan, buku ini mengajarkan anak-anak bagaimana cara berwudhu dan tatacara shalat lima waktu yang hanya bisa didapatkan secara eksklusif di Bazar Buku Big Bad Wolf Indonesia.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *