Komisi B DPRD DKI Jakarta Kunker Ke Diskop UKM Sulsel

Kabar Nusantara News;- Sebanyak 22 orang pimpinan dan anggota komisi “B” DPRD DKI Jakarta yang membidangi perekonomian mengadakan kunjungan kerja (kunker) ke Diskop UKM Sulsel.Nasional (05/04/2018)

Kunjungan kerja pada Kamis (5/3) dipimpin ketua komisi “B” DPRD Jakarta, H.Abdurrahman Suhaimi. Rombongan diterima kepala Diskop UKM Sulsel yang diwakili kepala UPT PLUT, Hj.Andi Diah,MM, didampingi konsultan PLUT dan pejabat dalam lingkup OPD Diskop UKM Sulsel.

Pertemuan berlangsung di VIP Room UKM Center Diskop UKM Sulsel, dibuka dengan sambutan selamat datang kepada pimpinan dan segenap rombongan kunjungan kerja Komisi B DPRD DKI Jakarta. Dalam sambutannya mewakili Kadiskop UKM, Andi Diah memaparkan gambaran umum Sulawesi Selatan dan kontribusi sektor KUMKM dalam menggerakkan perekonomian.

“sejak tahun 2006 hingga 2016, sektor UMKM di Sulsel tumbuh 19,75%. Dimana, tahun 2006 total UMKM hanya mencapai 751.362 usaha, sedangkan 2016 naik menjadi 936.294 usaha atau kalau dikalkulasi tiap tahunnya UMKM bertambah 20 ribu,” ujarnya.

Sementara Abdurrahman Suhaimi mengucapkan rasa terimakasih setulus-tulusnya atas diterimanya dengan baik kunjungan kerja Komisi B DPRD Jakarta.

Dikatakannya, provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) selalu mencapai pertumbuhan diatas rata-rata nasional dan pertumbuhan wirausaha baru juga selalu meningkat, sehingga rombongan ingin mengetahui lebih jauh.

”Pemprov DKI jakarta punya program OK OCE sehingga rombongan bisa belajar dan menimba inspirasi dari OPD Diskop UKM Sulsel dalam penciptaan wirausaha baru dan pembinaan UMKM,” tambahnya.

Koordinator konsultan PLUT Sulsel, Bahrul ulum Ilham mengatakan, Pemerintah Sulawesi Selatan melalui Dinas Koperasi dan UKM sejak tahun 2014 melaksanakan program penciptaan wirausaha muda pada tiap desa. Program unggulan Pemprov Sulsel ini menargetkan 20 wirausahawan muda tiap desa selama lima tahun atau 100 wirausaha baru per desa.

“untuk pencapaian target tersebut, Pemprov menyelenggarakan diklat wirausaha baru dan memberikan paket bantuan modal yang diatur dalam Pergub No. 10 tahun 2014 tentang diklat kewirausahaan dan penghargaan wirausaha di Provinsi Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Acara yang penuh susana keakraban ini dilanjutkan dengan penukaran cindera mata dan dialog interaktif bersama OPD Diskop UKM Sulsel.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *