KNPI Sulsel Edukasi Masyarakat Dengan Bercocok Tanam Hidroponik

Kabar Nusantara News;- Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan melalui Komisi Koperasi dan UKM bekerjasama dengan East West Seed Indonesia menggelar pelatihan usaha budidaya tanaman sayur hidroponik dan polibag di Rusunawa Mariso,Makassar, Sabtu (15/9/2018).Makassar (15/09/2018)

Ketua KNPI Sulsel, Imran Eka Saputra mengatakan, kegiatan pelatihan ini sebagai bentuk edukasi mengajar dan berbagi pengalaman bersama warga terkait bercocok tanam sayuran.

“KNPI Sulsel turun langsung melakukan pemberdayaan kepada masyarakat bawah, agar emak-emak (Ibu-ibu) bisa mendapatkan keahlian dalam bercocok tanam sayuran di perkotaan,” ungkap Imran Eka.

Ia mengaku pula bahwa memang sebagai kaum muda harus senantiasa hadir memberikan ide kreatifnya terhadap pembangunan daerah utamanya lewat bercocok tanam ini.

Warga Yang Sedang memperhatikan cara bercicok tanam Hidroponik (foto/knpi sulsel).

“Intinya pemberdayaan masyarakat agar punya keahlian, dan ini juga bagian dari mensejahterkan masyarakat dan masyarakat pasti kreatif kedepannya,” tambahnya.

Ia pula mengatakan, sengaja ditempatkan disini sebab daerah ini bagian dari pelosok kota Makassar yang harus diperhatikan.

“Kedepan kami juga akan terus menggelar pelatihan ini dititik kota Makassar yang dianggap perlu,” tuturnya.

Terpisah, Komisi Koperasi dan UKM KNPI Sulsel, Adrianus Sandy Kala Limbong mengatakan, kami hadir berbagi untuk masyarakat.

“Jadi kami turun ini ingin memperkenalkan masyarakat perkotaan terkait teori dan praktik urban farming melalui hidroponik dan media tanah. Jenis sayuran yang dapat ditanam melalui metode hidroponik antara lain selada bayam, kangkung, dan sawi. Adapun buah antara lain cabe, terong, aprika, tomat, timun, stroberi, dan semangka,” tambahnya.

Dengan demikian, ia berharap semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat mendatang.

Turut hadir pula para jajaran pengurus KNPI Sulsel.

Terpisah disampaikan, Warga RT 7 RW 5, Kelurahan Lette,Kecamatan Mariso, Makassar, Ibu Daeng So’na sangat mengapresiasi pelatihan usaha budidaya tanaman sayur hidroponik dan polibag yang diadakan oleh KNPI Sulsel ini.

“Kegiatan ini sangat membantu kami utamanya mendapatkan ilmu tentang bercocok tanam dengan baik,” tambahnya.

Kami juga turut mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus KNPI Sulsel.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *