Kabarnusantaranews, Makassar ;– Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka mengingatkan nilai-nilai luhur Pancasila saat acara syukuran HUT ke-63 Kodam XIV/Hasanuddin di Makassar, Senin (1/6).

Dalam rangkaian peringatan HUT ke-63 Kodam XIV/Hasanuddin di tengah pandemi COVID-19, pihak Kodam telah mendirikan posko dan mengerahkan personel dalam Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Sulsel, Sultra dan Sulbar.

“Syukuran yang sederhana ini dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan adalah wujud rasa syukur kita yang bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila,” kata Andi Sumangerukka di Makodam XIV/Hasanuddin, Makassar.

Dia mengatakan, sebagai bangsa yang besar jangan melupakan sejarah. Karena itu, seluruh prajurit dan seluruh elemen masyarakat harus menghargai para pendiri bangsa yang sudah berhasil meletakkan fundamental bangsa.

Menurut dia, Pancasila dengan nilai-nilai luhurnya telah mempersatukan bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk tetap menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia.

“Aksi sosial berupa pembagian sembako, bedah rumah, pembagian APD pada petugas medis, hingga membangun dapur lapangan adalah wujud kepedulian pada masyarakat terdampak COVID-19,” katanya.

Pada kesempatan itu, Pangdam juga menyerahkan bantuan gerobak untuk menjual kue khas Bugis Makassar yakni kue “buroncong” pada 20 orang yang menjadi kelompok dampingan di lapangan.

Menurut Danramil 1408-03/Wajo Mayor CBA Kowad Muryanti, sebelum menentukan penerima bantuan terlebih dahulu disurvei yang layak menerima bantuan.

“Setelah mendapatkan bantuan berupa alat untuk berjualan, kami akan masih mendampingi agar mereka betul-betul mandiri dan bisa bangkit ditengah dampak COVID-19 ini,” katanya. (antara/tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here