Ketua DPRD Palopo dapat Paket “Tai Sapi” dari Warga

Kabarnusantaranews, Palopo;- Warga di beberapa perumahan di Kota Palopo, setahun terakhir ini, diresahkan dengan kotoran ternak liar yang setiap hari bertebaran di jalanan.

Keresahan itu membuat salah seorang warga Perumahan Merdeka, Isnul Arridha, membawa paket tai sapi ke DPRD Palopo, Selasa 28 Januari 2020.

Kotoran sapi itu dimasukkan ke dalam 2 kemasan makanan. Dua bungkus itu dibawa ke ruangan Ketua DPRD Palopo, Hj Nurhaenih SKep MKes.

Aksi tunggal itu dilakukan sebagai protes terhadap minimnya penegakan Perda Perda nomor 6 tahun 2019, tentang perubahan atas perda nomor 7 tahun 2006 tetang peternakan dan penertibannya.

Lewat aksi itu, ia mendesak Pemkot Palopo melalui DPRD Kota Palopo, untuk segera mengeluarkan Peraturan Walikota (Perwal) yang mencakup penegakan Perda Perda nomor 6 tahun 2019, tentang perubahan atas perda nomor 7 tahun 2006 tetang peternakan dan penertibannya.

“Kami juga mendesak Pemkot Palopo melalui DPRD, untuk melakukan pendataan pemilik ternak di Kecamatan Wara Timur pada khususnya, dan di kecamatan lain, agar pemilik diberikan sosialisasi dan teguran jika maish terbukti melanggar pasal 12 Perda Perda nomor 6 tahun 2019, tentang perubahan atas perda nomor 7 tahun 2006 tetang peternakan dan penertibannya,” tandasnya.

Isnul mengatakan, Perda tentang ternak ini telah berusia 13 tahun, namun terkesan mandul. Hal itu dapat dilihat dengan masih banyaknya kotoran sapi dan ternak lainnya, yang berserakan di area pemukiman, utamanya di perumahan.

“Ternak sapi itu dilepaskan begitu saja oleh pemiliknya. Ternak itu bisa dilihat berkeliaran di perumahan jelang subuh,” ujarnya.

Isnul mengaku, telah memasukkan surat ke DPRD sejak pekan lalu, namun hingga kini belum juga ada respon dari DPRD.

Menanggapi aspirasi itu, Ketua DPRD Kota Palopo, Hj Nurhaenih SKep MKes, mengaku dirinya juga tak suka ada ternak liar.

“Saya juga tidak suka. Di restoran saya juga sering bunga saya yang baru dibeli, habis dimakan sapi,” tandasnya.

Untuk itu, pihaknya berjanji segera menindaklanjuti aspirasi tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *