Kemenag Bulukumba Turut Semarakkan JSK Tingkat Provinsi

Kabarnusantaranews, Makassar;- Jajaran Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba bersama Puluhan Ribu Aparatur Kementerian Agama Se-Sulsel memadati Lapangan Karebosi Makassar, Sabtu, (04/01/2020) pada Jalan Santai Kerukunan (JSK) dalam Rangka merayakan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama yang ke-74 tahun 2020 ini.

Jalan Sehat Kerukunan (JSK) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan salah satu Agenda Rutin Tahunan Kemenag Sulsel dan menjadi salah satu dari sejumlah rangkaian kegiatan HAB ke 74 di Prov. Sulsel, dimana pada tanggal 2 Januari 2020 lalu dilaksanakan Ziaran Ke Taman Makam Pahlawan Panaikang Makassar.

Dilanjutkan dengan Anjangsana ke sejumlah Panti Asuhan, lalu pelaksanaan Upacara Peringatan pada tanggal 3 Januari 2020 di Asrama Haji Sudiang Makassar, dan akan ditutup nantinya dengan Ramah Tamah di Aula Arafah Asrama Haji Sudiang Makassar pada tanggal 5 Januari 2020

Gubernur Sulsel Prof. Dr. H. Nurdin Abdullah, M.Agr, dalam Sambutannya sebelum melepas secara resmi peserta GJK Kemenag Sulsel menyampaikan kekagumannya kepada Kementerian Agama.

Menurut Nurdin Abdullah, Kementerian Agama diusianya yang ke-74 tahun ini sudah memperlihatkan pengabdian dan kerja kerasnya dalam membantu perjalanan bangsa ini, khususnya dalam pembangunan di bidang Keagamaan.

“Dan khusus di Sulsel kita semua merasakan dan melihat hasilnya, salah satunya Indeks Kerukunan Umat Beragama Sulsel berada pada angka yang memuaskan diatas rata rata indeks kerukunan secara Nasional, semoga Kementerian Agama khususnya di Sulsel bisa menjadikan kondisi lebih baik lagi kedepan, dan hari ini kita apresiasikan kegembiraan kita atas ulang tahun Kemenag dengan penuh rasa kebersamaan dan Kerukunan,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Kakanwil Kemenag Sulsel yang melihat antusiasme peserta JSK, jumlah peserta yang hadir sekitar 20 ribuan sudah sesuai ekpektasi yang telah direncanakan sebelumnya.

Inipun juga belum sepenuhnya dihadiri oleh seluruh warga Kemenag Sulsel dari Seluruh Daerah Kabupaten Kota yang juga turut disemarakkan para perwakilan umat seluruh Agama yang dikoordinir oleh para Ormas dan Wali Agama masing masing, dan Para Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kemenag Se-Sulsel.

“Olehnya itu saya haturkan terima kasih atas atensi dan kehadiranta semua, ini membuktikan bahwa warga Kementerian Agama dan Umat Beragama di Sulsel solid dan bersatu, olehnya itu mari jaga kebersamaan dan Kerukunan ini seterusnya, khususnya di Sulawesi Selatan,” kata Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abubakar.

Gubernur Sulsel usai mengangkat bendera star, juga turut berjalan berbaur bersama puluhan ribu Peserta JSK didampingi oleh Kakanwil Kemenag Sulsel, Kapolda Sulsel, Pangdam XIV Hasanuddin, Walikota Makassar, Forkopimda Sulsel, para pimpinan wali Agama Agama Sulsel serta Para pejabat Eselon III dan IV di jajaran Kemenag Sulsel.

Para peserta JSK termasuk jajaran Kemenag Bulukumba antusias mengikuti JSK dengan rute Lapangan Karebosi Makassar Jalan Ahmad Yani, Jln Jenderal Sudirman, Jl. Karunrung, Jl. Sultan Hasanuddin, Jl Slamet Riyadi, Jalan Ahmad Yani kembali ke Lapangan Karebosi.

Peserta JSK Kemenag yang Menyemut rute jalan santai sempat memacetkan arus kendaraan wilayah Barat Kota Makassar.

Kepala Kantor Kemenag Bulukumba H. Ali Yafid pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas partisipasi jajarannya pada JSK tingkat provinsi ini.

Dirinya mengharapkan amanat dan pesan baik Gubernur maupun Kakanwil dapat diejawantahkan khususnya dalam hal kerukunan umat beragama di kabupaten Bulukumba.

Usai Pelaksanaan JSK hari ini, Rangkaian Agenda Kegiatan dalam Rangka menyambut, Memperingati dan memeriahkan Hari Amal Bakti ke 74 Kemenag tingkat Prov. Sulsel tahun 2020 akan ditutup dengan acara Ramah Tamah HAB yang akan dilakukan esok hari (Minggu, 5 Januari 2020) di Aula Arafah Asrama haji Sudiang Makassar yang akan diikuti oleh seluruh pejabat dan pimpinan satker Kemenag Se-Sulsel.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *