Keempat Kalinya, Bulukumba Raih Kabupaten Peduli HAM

Kabarnusantaranews, Bandung;- Kabupaten Bulukumba kembali meraih penghargaan sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) pada puncak Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 yang dilaksanakan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat. Selasa (10 /12)

Peringatan Hari HAM Sedunia ke 71 dihadiri Menteri Hukum dan HAM, Yasona Laoly, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Polhukam), Mahfud MD, Dirjen Hak Asasi Manusia, Kemenkum HAM, Mualimin Abdi dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kabupaten Bulukumba mampu mempertahankan status sebagai Kabupaten Peduli HAM untuk yang keempat kalinya.

Selain Bulukumba, ada 13 Kabupaten lainnya di Sulawesi Selatan yang turut menerima penghargaan serupa. Untuk skala Nasional, hanya 272 Kabupaten/Kota yang juga menerima penghargaan peduli HAM.

Dirjen Hak Asasi Manusia Kemenkum HAM, Mualimin Abdi yang didaulat untuk menyerahkan penghargaan Kabupaten Peduli HAM ini, mengharapkan penghargaan ini bisa menjadi motivasi untuk para Kepala Daerah untuk lebih bekerja keras.

“Jadikan Penghargaan ini sebagai memotivasi, dan menjadi pendorong pemenuhan hak dasar masyarakat. Khususnya hak dasar dalam bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan, anak-anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan,” ujar Mualamin Abdi.

Sementara itu, Bupati Bulukumba, A.M. Sukri A. Sappewali yang menerima penghargaan ini menyampaikan jika capaian dalam mempertahankan predikat sebagai Kabupaten Peduli HAM tidak membuat OPD lengah.

“Kita mampu mempertahankan predikat Kabupaten Peduli HAM adalah hasil kerja keras bersama Pemerintah Daerah dan Masyarakat, tapi saya harap OPD jangan lengah dengan capaian ini, masih ada sektor yang harus dibenahi dan tentunya saya minta dukungan masyarakat untuk bisa mengahdirkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Ia berharap ini dijadikan sebagai motivasi dalam meningkatkan kinerja aparat, Sinergitas antara OPD dan Kinerja Bagian Hukum dalam menyelesaikan setiap persoalan hukum didaerah untuk tetap selalu menjadi perhatian serius.

“Kita ingin Bulukumba labih baik setiap tahunnya, olehnya itu saya berharap kerja-kerja cerdas dari seluruh aparat dalam mewujudkan impian kita membawa Bulukumba sejahtera dan terdepan dapat terwujud.”.Harap Andi Sukri.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *