Kabarnusantaranews, Bulukumba;- Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Imam Bukhori yang beralamat di Jalan M. Noer Boroppaoe, Dusun Macinna, Desa Polewali, Gantarang, Bulukumba mulai membuka pendaftaran mahasiswa baru.

Perekrutan mahasiswa baru tersebut dimulai sejak 1 Januari hingga 16 April 2020 untuk gelombang pertama sedangkan 1 Mei hingga 30 Juli 2020 gelombang kedua.

Kampus berbasis bahasa Arab, Tahfidz dan Teknologi ini membuka tiga jurusan antaranya, jenjang Strata satu (S1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini dan Tadris Matematika. Sedangkan program jurusan Bahasa Arab dibuka untuk Diploma satu dan Diploma dua.

“Kami sudah mulai buka pendaftaran, bagi siswa tamatan SMA, MA dan SMK bisa langsung mendatangi kampus sesuai dengan alamat yang kami sampaikan,” kata Ketua STAI Imam Bukhori Bulukumba, La Ode Hardiman, Senin, 27 Januari 2020.

Selama proses perekrutan kata dia, bakal ada tes tertulis yang meliputi, Aqidah, ibadah, akhlak dan pengetahuan umum sementara tes lisan yakni mengaji, wawasan keislaman dan pengetahuan umum.

“STAI Imam Bukhori Bulukumba tentu sudah terdaftar di Kementerian karena telah dinyatakan terakreditasi dengan BAN PT Nomor 182/SK/BAN-PT/Min-Akred/XII/2018. Selain itu tenaga dosennya pun sudah berpengalaman dan menggenggam gelar magister,” ungkap La Ode.

Visi dan misi yang diterapkan sejalan dengan perkembangan zaman apalagi berbasis Bahasa Arab, Tahfidz dan Teknologi. Inovasi ini merupakan satu satunya di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia.

Visi kata dia, menjadi sekolah tinggi agama Islam unggulan, dalam bidang agama, pendidikan Islam bahasa Arab dan teknologi.

Sementara misi yakni, menyelenggarakan pendidikan tinggi yang islami dan bermanhaj salaf, mengintensifkan pendidikan dan dakwah islamiyah melalui pengajaran bahasa Arab dan teknologi informatika, mencetak generasi dan kader umat yang berkualitas tinggi dalam Aqidah, ibadah serta pengetahuan umum dan teknologi.

Kemudian, menyiapkan sarjana pendidikan Islam yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat umum secara legal, formal dan dapat difungsikan untuk lembaga, instansi dan pemerintahan.

“Tahun ini kami target 180 orang mahasiswa baru dengan rombel enam ruangan. Ada tiga jurusan dan masing masing jurusan kami target dua ruangan,” tutupnya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here