Kadis Damkar Kota Makassar: Profesional dan Disiplin Selama Bertugas Kunci Kesuksesan

Kabar Nusantara News ;– Menjadi petugas pemadam kebakaran mungkin bagi sebagian orang hanya sekedar berurusan dengan kegiatan memadamkan api apabila terjadi kebakaran. Namun jangan salah, bagi petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, mereka dituntut senantiasa profesional dan disiplin selama bertugas, sigap dan siaga bila terjadi bencana alam. Hal ini membuat kinerja Damkar Makassar patut mendapat acungan jempol.

Petugas Damkar Makassar selalu terlihat berada dilokasi bencana, seperti banjir dan longsor. Mereka hadir terjun langsung menjalani misi kemanusian saat tsunami dan gempa bumi di Palu beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala Dinas Pemadam Kebakaran kota Makassar, Andi Muh. Yasir, kerja profesional dan disiplin yang diterapkan saat ini cerminan bahwa petugas Damkar Makassar senantiasa respon cepat dalam setiap masalah kebencanaan. Beberapa permasalahan dapat diselsaikan dalam waktu yang relatif cepat.

“Personel kita ada petugas Damkar yang khusus juga, jadi bukan hanya menangani kebakaran, tapi juga menangani bencana alam. Kami juga kami hadir sebagai tim animals. Bahkan di Palu kemarin kita turunkan Damkar Makassar langsung berhari-hari untuk tugas kemanusian dan luar biasa, mendapat respon bagus dari berbagai kalangan,” ucapnya, Rabu (20/2/2019).

Respon cepat dan kerja disiplin anggotanya membuatnya banga menjadi bagian dari keluarga besar Dinas Pemadam Kota Makassar. Bahkan selama 3 bulan menjabat, Yasir telah banyak menyelesaikan permasalan kebencanaan khususnya penanganan banjir di Kota Makassar.

“Alhamdullilah petugas kami tanpa lelah selalu ada di lokasi bencana. Kerja ikhlas dan disiplin bisa menjadi kunci keberhasilan setiap permasalahan dan penanganan bencana saat ini,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian kota Makassar ini juga menyebutkan bahwa Damkar Makassar selalu sigap dan respon cepat dalam penenganan permasalahan masyarakat, baik penanganan sarang tawon, hewan buas atau berbisa, hingga kucing yang terjebak sekali pun Damkar Makassar memberi juga turun tangan.

“Kemarin ada kucing terjebak di Fly Over, petugas kami kesana untuk menyelamatkannya. Bahkan sarang tawon dan ular juga kami turun. Jangan sangka damkar hanya menangani kebakaran, tapi sampai urusan kecil yang dianggap biasa tapi berbahaya damkar juga hadir untuk masyarakat Makassar,” terang Yasir. Tercatat saat ini, ada sekitar 475 personel petugas Damkar Makassar, di bawah kendali Andi Muhammad Yasir. Petugas Damkar sendiri diharapkan bisa menjadi ujung tombak Pemerintah Kota Makassar dalam penanganan bencana.(*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *