Jelang Porda XVI, Tujuh Petinju Makassar Try Out Di Bali

Kabar Nusantara News;- Tujuh petinju kota Makassar yang dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Daerah (Porda) XVI 2018 di Pinrang akan melakukan try out ke Bali.Makassar (04/08/2018)

Rombongan yang terdiri tujuh atlet, dua pelatih dan seorang official ini dilepas oleh Ketua sasana tinju Hasanuddin, Kolonel CPM Yudha Adillah bersama Ketua Persatuan Tinju Amatir (Pertina) kota Makassar Muh Tawing SE, melepas rombongan di RM Torani, Sabtu (4/8/2018).

‘’Try out ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan pengalaman, bukan untuk jalan. Saya harap seluruh atlet memanfaatkan kesempatan ini untuk berlatih dan menimba ilmu dengan pelatih dan atlet di daerah lain,” tegas Kolonel Yudha Adillah.

Kolonel Yudha Adillah yang juga menjawab Kepala Korps Peralatan Komando Daerah Militer (Kapaldam) XIV Hasanuddin, ini menjelaskan para atlet akan menjalani try out ini di sasana milik Pino Bahari dan Zaenal Tayyeb.

Ketua Pertina kota Makassar M Tawing menjelaskan sarana tinju milik Pino Bahari dan Ali Suwandana ini dipilih sebagai tempat karena kedua sasana ini telah banyak melahirkan atlet-atlet berkualitas di Indonesia dan dilatih oleh pelatih-pelatih berpengalaman.

Pino Bahari adalah mantan atlet nasional tinju Indonesia. Sementara Ali Swandana adalah Ketua Pertina Provinsi Bali yang saat ini dipercaya menjadi Komisi Tehnik (Komtek) cabang olahraga tinju di Asian Games 2018.Selain itu Bali juga dekat dengan Makassar.

Pembinaan olahraga tinju di Bali cukup maju. Dua sasana itu dilatih oleh pelatih-pelatih berkualitas yang selama ini melahirkan banyak atlet-atlet berkulaitas penghuni pelatnas,” jelas M Tawing.

Ketujuh atlet kota Makassar tersebut yakni Yoshua Holy Masihor yang akan turun di kelas 49 Kilogram (Kg),Abraham Masihor, kelas 52 Kg, Iknasius Pay (56 Kg), M Ridwan (60 Kg), Ivan Wahyudi (64 Kg), Gufron Radhan (69 Kg) dan Jhon Yambe (75 Kg). Di Bali mereka akan didampingi dua pelatih, Alberth Lalaar dan Dufri Masihor.

Selama di Bali para atlet tidak lagi fokus pada latihan fisik melainkan akan digembeleng latihan strategi.

‘’Kalau latihan fisik, selama ini para atlet sudah digembleng di sasana Hasanuddin Kodam XIV Hasanuddin. Selama try out kita lebih fokus pada latihan strategi. Karena itu materi latihan nanti akan lebih banyak pada sparing menghadapi petinju-petinju yang levelnya satu tingkat di atas atlet kami,” jelas Tawing.

Tawing juga berharap seluruh atlet bisa mengembangkan dan menambah kemampuan bertandingnya.

‘’Try out ini juga diharap bisa menambah semangat para atlet. Sekaligus meningkatkan sportivitas guna mempersiapkan diri menghadapi Porda Pinrang,” katanya.

Selama ini para petinju kota Makassar yang dipersiapkan menuju Porda ini menjalani pemusatan latihan di sasana Hasanuddin, Kodam XIV Hasanuddin. Tawing menyampaikan terimakasihnya kepada Pangdam Hasanuddin dan Kapaldam karena selama ini telah membantu Pertina Makassar dan Sulsel dalam melakukan pembinaan tinju.

‘’Wujud pembinaan Pangdam XIV Hasanuddin dengan memberi tempat kepada para atlet untuk berlatih di Makodam Hasanuddin,” sebut Tawing. **

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *