Kabar Nusantara News;- Mahasiswa asal Kota Ternate, Maluku Utara yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Mahasiswa Kota Ternate (IPMKT) Makassar Sukses menggelar Pentas seni Kreasi Bocah Gamalama (KBG). Makassar (17/3/2019)

Acara yang dilaksanakan pada Sabtu malam di jln Perintis Kemerdekaan KM 11, Gedung Balala Tamalanrea ini di rangkaikan milad ke 16 tahun IPMKT makassar yang mengangkat teater persekusi dan tarian adat maluku utara untuk mengenanng Perjuangan Sultan Babullah mengusir penjajah dari negeri Jajirah Tulmul yang di juluki sebagi Sultan penguasa 72 negeri (pulau).

Kreasi Bocah Gamalama (KBG) merupakan wujud konkret upaya IPMKT Makassar mengajak kepada generasi muda untuk mengingat kembali perjuangan heroik Sultan Babulla sekaligus memperkenalkan tradisi kesenian Kota Ternate kepada masyarakat luas

Amin Idrus, selaku sesepuh yang juga alumni IPMKT saat membuka acara tersebut mengungkapkan Sebenarnya kegiatan seperti ini mesti menjadi agenda tahunan IPMKT Makassar.

“sebagai tempat berkumpulnya orang Ternate di Makassar untuk mempromosikan pariwisata kota Ternate, agar pemerintah daerah tau bahwa uang yg diberikan itu digunakan untuk Ternate juga, tidak dihabiskan sembarangan” tutur amin saat sambutan.

Sementara itu, M. Ghozali A. Gafur selaku ketua Umum mengatakan bagaimana agar kiranya Sultan Babulla dikenang sebagai pahlawan nasional mengingat perjuangan beliau yang berhasil mengusir Portugis dari tanah Moloku Kie Raha.

“Meski untuk saat ini belum pahlawan nasional, beliau tetap pahlawan di hati kami, masyarakat Ternate, dan akan di perjuangan menjadi pahlawan nasional” Ucap Gozal dihadapan tamu undangan.

Ia menjelaskan jika Kegiatan ini disiapkan kurang lebih 3 bulan bersama dengan panitia dan pengurus.

“terlaksana karena batuan dari semua pihak, baik anggota dan alumni turut seta menyukseskan kegiatan ini.”tutupnya.

Terpisah, Hasan Sanaky selaku ketua panitia mengungkapkan jika Kreasi Bocah Gamalama part II ini adalah kerjasama kreasi sanggar Babulla IPMKT – Makassar.

“Ya kami juga di bantu oleh UKM Seni Tari Universitas Hasanuddin, Forum Mahasiswa Maluku Tenggara Kota Tual (FORMMATT) -Makassar yang juga menampilkan beberapa tarian asal Sulawesi Selatan maupun Maluku dan Maluku Utara.”Tutupnya.(Ir/Ft)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here