Ini Lima Program Prioritas Unggulan Pemerintahan NA-ASS

Kabarnusantaranews, Makassar;- Pada momentum Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Selatan ke- 350 tahun, Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah, memaparkan program prioritas unggulan yang akan ia jalankan bersama Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman selama empat tahun ke depan.

Menurut mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini, hari jadi Sulsel menjadi kesempatan untuk mengevaluasi capaian lima program prioritas serta visi misi Pemprov Sulsel untuk senantiasa inovatif, produktif, kompetitif, inklusif dan berkarakter.

Adapun lima program prioritas unggulan Pemprov Sulsel yakni, Sulsel Melayani, Sulsel Sehat Cerdas, Sulsel Terkoneksi, Sulsel Mandiri Sejahtera dan Sulsel Berkarakter.

1. Sulsel Bersih Melayani

Sulsel bersih melayani, dihadirkan dengan berbagai program untuk reformasi birokrasi dan kemudahan pelayanan, seperti program kenaikan pangkat dan pensiun otomatis bagi ASN Pemprov Sulawesi Selatan. Pemprov juga meluncurkan program Baruga Sulawesi Selatan untuk menampung masukan dan aspirasi masyarakat, serta Smart Office sebagai pendukung percepatan administrasi persuratan.

2. Sulsel Sehat Cerdas

Sulsel sehat cerdas berkomitmen mewujudkan pemerataan layanan kesehatan dan pendidikan bentuk pembangunan Rumah Sakit Regional bertaraf Internasional seperti RS. Dr.Hasri Ainun Habibie dan pengadaaan Ambulance Laut.

3. Sulsel Terkoneksi

Sulsel Terkoneksi dilakukan dengan membuka akses jalan untuk daerah-daerah yang terisolir. Di antaranya pembangunan jalan dari Sabbang menuju Seko di Kab. Luwu Utara dan Pembangunan Bandara Buntu Kunik di Tanah Toraja serta sarana pendukung parawisata di Bulukumba.

4. Sulsel Mandiri Sejahtera

Sulsel Mandiri sejahtera di mana eksport Sulsel dapat dilakukan secara langsung atau Direct Call. Juga memberikan bantuan keuangan bagi 15 daerah sesuai kebutuhan masing-masing dan juga memberikan kemudahan kenaikan pangkat secara otomatis bagi ASN dalam lingkup Pemprov Sulsel.

5. Sulsel Berkarakter

Sulsel berkarakter menjunjung tinggi prinsip leluhur kita yaitu Sipakaige, Sipakatau, Sipakalebbi. Di mana dalam menjalankan roda pemerintahannya tetap memegang teguh ketiga prinsip tersebut dengan tulus dan ikhlas demi masyarakat sulsel yang lebih sejahtera dan bermartabat.

“Kita semua berharap perayaaan hari jadi Provinsi Sulsel yang mengusung tema Optimalisasi Inovasi ASN untuk Sulsel Melayani,” ungkap Prof Nurdin Abdullah dalam sambutannya, Sabtu (19/10/2019).

Mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini mengaku, peringatan HUT Sulsel tahun ini dilaksanakan dengan sangat sederhana.

“Perkenankan saya atas nama Pemprov Sulsel menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua dan Wakil Ketua beserta Anggota DPRD se Provinsi Sulawesi Selatan, para Wali Kota/Bupati se Sulawesi Selatan, para anggota FORKOPIMDA,” tutur Gubernur Nurdin Abdullah.

Tak, lupa, Nurdin Abdullah menghaturkan rasa terima kasih kepada jajaran TNI dan POLRI yang terus menjaga kondisi dan stabilitas Provinsi Sulawesi Selatan sehingga tercipta situasi yang kondusif guna menunjung pelaksanaan pembangunan. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *