Kabarnusantaranews, Luwu;- Terus berbenah demi meningkatkan mutu pelayanan, sarana dan prasarana serta kualitas SDM dibawah kepemimpinan dr Daud Mustakim selaku direktur, managemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Batara Guru melakukan sosialisasi berbagai layanan medis terbaru di aula pertemuan kantor Bappeda Luwu, Rabu (13/11/2019)

Asisten II Bupati Luwu bidang perekonominan, Andi Palanggi dalam sambutannya mewakili Bupati Luwu mengatakan bahwa untuk meningkatkan kualitas pelayanan, RSUD Batara Guru perlu mengaktifkan kembali kotak saran.

“Sebagai bentuk evaluasi, maka management harus mengaktifkan informasi pelayanan melalui kotak saran, kemudian kotak saran ini ditinjau secara periodik kemudian dilakukan evaluasi berdasarkan masukan dan saran-saran dari masyarakat. Dari sinilah kita bisa mengetahui apa-apa saja yang menjadi kekurangan yang perlu dibenahi kedepan dan apa-apa saja yang perlu ditingkatkan”, kata Andi Palanggi

Dalam Sosialisasi, Direktur RSUD Batara Guru, dr Daud Mustakim menjelaskan, Layanan Medis terbaru yang diluncurkan oleh RSUD Batara Guru antara lain perawatan penyakit paru, rawat inap pasien gangguan jiwa dan Penyediaan peralatan untuk keperluan operasi katarak serta sarana diagnostic THT

“Perlu kami sosialisasikan layanan medis ini agar masyarakat tidak perlu lagi keluar daerah untuk mendapatkan pelayanan medis karena semuanya sudah tersedia di RSUD Batara Guru. Sejak 1 November 2019, kami telah menghadirkan dokter spesialis penyakit paru yang akan memberikan layanan tiap hari kerja”, kata dr Daud Mustakim

Lebih lanjut dr Daud Mustakim menjelaskan, selain pelayanan medis bagi pasien penyakit paru, sejak juli 2019 RSUD Batara guru juga telah membuka layanan rawat inap bagi pasien yang mengalami gangguan kejiwaan.

“Layanan medis penyakit paru dan rawat inap bagi pasien gangguan kejiwaan ini merupakan yang pertama dan satu-satunya rumah sakit yang ada di Luwu Raya yang membuka rawat inap hanyalah di RSUD Batara Guru. Hal ini semua kami upayakan demi meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat kabupaten Luwu sesuai Visi Misi RSUD Batara Guru”, jelas dr Daud.

Menunjang peningkatan mutu layanan medis, RSUD Batara Guru juga melengkapi sarana dan prasarananya, seperti penyediaan peralatan dengan teknik Phacomulsifikasi.

Peralatan ini digunakan untuk operasi katarak dengan beberapa kelebihan, diantaranya adalah proses operasi lebih cepat, tanpa jahitan dan langsung bisa pulang setelah operasi serta penyembuhan luka lebih cepat. Peralatan Endeskopi THT, merupakan sarana diagnostic dan terapi canggih bidang THT, peralatan ini dapat melihat bagian-bagian terkecil yang tersembunyi dari pandangan mata sehingga diagnosis lebih tepat serta trauma operasi menjadi minimal.

Peralatan Perinatologi yang merupakan fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir (usia 0-28 hari) dan terakhir adalah Rehabilitasi narkoba yang merupakan tindakan rehabilitasi bagi korban penyalahgunaan narkoba untuk memulihkan dan mengembangkan kemampuan fisik, mental dan sosial penderita.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Baharuddin, Kadis Kominfo Statistik dan Persandian, Anwar Usman, para Camat, Kades dan Lurah serta kepala-kepala puskesmas se kabupaten Luwu.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here