Ini ‘Cara’ Momon Atasi Tenaga Kerja Pertanian Yang Menurun

Kabar Nusantara News ;- Sadar atau tidak, tenaga kerja di sektor pertanian cenderung menurun.Strategi untuk mengatasi tenaga kerja harus melakukan modernisasi pertanian yang menyangkut tentang alat mesin pertanian.Makassar (05/05/2018)

Hal itu diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian,Momon Rusmono di hadapan peserta BIMTEK saat meninjau pelaksanaan Bimbingan Teknis alisntan di Aula Hasanuddin Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku,Jum’at (4/05/2018).

Momon Rusmono memberi semangat,mengajak dan meyakinkan para petani menjadi yang terbaik.

“Kalau kita bekerja yang baik pasti hasilnya akan baik. kalau ada kesempatan harus diambil. Karena kesempatan itu cuma datang sekali, mengharapkan petani bekerja secara cepat,tepat dan tuntas. Petani harus mengingat Visi pembangunan pertanian Kedaulatan pangan dan kesejahtraan petani.”paparnya.

Ia menambahkan menteri pertanian telah mencanangkan program disingkat

“BEKERJA” atau Bedah Kemiskinan untuk Kesejatraan. Itu merupakan terobosan Menteri Pertanian. Yakni air, perbaikan irigasi tersier 3 juta hektar, pembuatan embun, sumur dalam dan lain-lain.

“114 ribu bantuan Alsintan yang jumlah diuangkan hampir 3 triliun sedangkan Combain harvester 4 ribu unit yang di turunkan mentri pertanian untuk petani,” tambah Momon.

Akhir tahun ini, lanjut dia, menteri memberi bantuan sebanyak 300 eskavator. Identifikasi dimanfaatkan dan dia juga mengajak para petani untuk mengoptimalkan bantuan alat mesin pertanian, dan melaporkan setiap menemukan alat mesin pertanian yg tdk digunakan sebagaimana mestinya.

“Intinya kita sebagai petani harus betul” mengoptimalkan alat. Agar produktifitas petani semakin meningkat”, pungkasnya

Penulis: ZL || Editor: Fadly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *