Ini Beberapa Fakta Mandalika, NTB Persiapan Sirkuit MotoGP 2021

Kabar Nusantara News;- Moto GP akhirnya resmi akan digelar di Indonesia Tahun 2021.Sport (21/02/2019)

Dilansir dari detik sport, Indonesia sudah meneken kesepakatan dengan Dorna Sport SL, untuk menggelar MotoGP mulai musim 2021. Kontrak berdurasi tiga tahun, yang artinya Indonesia menjadi tuan rumah balapan untuk Marc Marquez dkk sampai 2023.

Lokasi sirkuit yang diwacanakan sebelumnya yakni Sirkuit Centul bogor ternyata batal dan beralih ke Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Namun, banyak yang belum mengetahui tentang bagaimana dan apa yang ada di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Berikut beberapa Fakta tentang Mandalika lokasi sirkuit Moto GP 2021.

1. Destinasi kelas dunia

Mandalika dengan luas 1.175 hektar akan dijadikan destinasi ekowisata kelas dunia yang ramah lingkungan dengan bantuan tenaga surya, reverse osmosis dan 51 persen ruang hijau.

Fasilitas utamanya adalah lebih dari 10 ribu kamar hotel, 1.500 hunian, 340 ribu m2 area komersil. Ada fasilitas MICE untuk 5.000-7.000 orang. Untuk hiburan akan ada taman rekreasi di sebelah timur seluas 30 hektar, eco park di sisi timur Gerupuk seluas total 70 hektar, water park seluas 3,8 hektar di pintu masuk, marina, lapangan golf, sirkuit MotoGP dan hutan mangrove.

2. Aneka hotel top akan tersedia

Selain Novotel Resort, aneka hotel-hotel top akan tersedia di Mandalika. Pullman Hotel & Resorts, Royal Tulip Luxury Hotels, Club Med, Westin, X2 Hotel, Paramount Hotel & Resorts, sedang dibangun di sana.

Yang juga sedang dibangun adalah Shaza Hotel & Mysk By Shaza dan SKY 6 Resort. Total kamar hotel untuk tahap ini sekitar 10.533 kamar.

3. Punya Masjid Agung Nurul Bilad yang keren

Sebagai bagian dari proyek CSR, ITDC membangun Masjid Agung Nurul Bilad di area seluas 20 hektar dan akses langsung ke Pantai Kuta Lombok. Masjid ini memiliki plaza, area parkir, gedung multi guna, area komersil dan UKM.

Arsitektur masjid ini juga keren, seperti piramid dari kejauhan. Namun, sebenarnya masjid ini mengadopsi arsitektur masjid tradisional Lombok. Masjid ini diresmikan oleh Presiden Jokowi, 20 Oktober 2017 silam.

4. Ada lapangan golf dan sirkuit balap

Di bagian tengah Mandalika, rencananya akan dibangun lapangan golf 27 hole dan hotel bintang 5 dengan luas 160,3 hektare. Total investasinya USD 700 juta.

Ada juga kawasan hiburan dan olahraga seluas 120 hektar dengan investasi USD 680 juta. Hal ini termasuk sirkuit balap Mandalika sepanjang 4,32 km dengan standar MotoGP. Nah, hal inilah yang sudah mendapat kepastian hari ini.

Untuk pembangunan sirkuit, ITDC bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis, Vinci Construction Grands Projects (VCGP) untuk pemanfaatan dan pembangunan lahan seluas 131 ha di KEK Pariwisata Mandalika.

VCGP adalah anak usaha Vinci, sebuah perusahaan berskala global asal Prancis yang bergerak di bidang desain, pembiayaan, pembangunan dan operasional proyek-proyek infrastruktur dan fasilitas besar di seluruh dunia.

5. Ada tujuh destinasi wisata utama

Di kawasan Mandalika akan ada 7 destinasi wisata utama. Destinasi itu adalah Pantai Kuta, Pantai Seger, Pantai Serenting, Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Batu Payung dan Pantai Gerupuk.

Wisatawan punya banyak pilihan spot mana yang mau didatangi. Mau berjemur di Pantai Tanjung Aan, belajar surfing di Pantai Gerupuk, main air di Pantai Kuta atau hiking ke atas Bukit Merese.

Bayangkan, betapa serunya nanti para wisatawan dunia liburan ke Lombok di tahun 2021. Sambil nonton MotoGP, bisa menikmati pantai-pantai indah juga di Mandalika.(Ir)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *