Monday, August 15, 2022
HomePEMERINTAHIndeks Pembangunan Pemuda Turun Peringkat, Dispora Sulsel Gelar RAD

Indeks Pembangunan Pemuda Turun Peringkat, Dispora Sulsel Gelar RAD

- Advertisement -

Kabarnusantaranews,Makassar;– Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Sulsel, Bidang Kepemudaan menggelar Rapat Persiapan Penyusunan Rencana Aksi Daerah (RAD) Layanan Kepemudaan Tahun 2022, Rabu – Kamis (23-24 Maret 2022).

Menurut Kepala Bidang Kepemudaan, Hery Sumiharto, mengatakan bahwa rapat ini dalam rangka membahas tentang pelayanan kepemudaan, dimana diperlukan perspektif bersama lintas sektoral khususnya pada sector Pemprov Sulsel.

“Di harapkan seluruh OPD mengambil bagian tersendiri melalui program-program yang ada untuk peningkatan SDM dan keterlibatan pemuda di semua sektor agar IPP bisa meningkat”, tutur mantan Sekdis Pendidikan ini.

Disampaikannya bahwa pelaksanaan kegiatan RAD ini juga sebagai bentuk perhatian serius dari Pemprov Sulsel menanggapi hal terkait menurunnya peringkat IPP Sulsel saat ini.

“Dan untuk peningkatan kualitas pemuda kita saat ini, mencakup penguatan kapasitas kelembagaan, sistem koordinasi lintas pemangku kepentingan, serta pengembangan peran swasta dan masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan kepemudaan yang terintegrasi”, jelasnya.

Disamping itu, peningkatan kualitas pemuda juga mencakup pencegahan perilaku berisiko pada pemuda, termasuk pencegahan atas bahaya kekerasan, perundungan, penyalahgunaan napza, minuman keras, penyebaran penyakit HIV/AIDS, dan penyakit menular seksual, dan yang terakhir peningkatan partisipasi aktif sosial dan politik pemuda, diantaranya melalui peran pemuda di forum nasional, pertukaran pemuda, dan keikutsertaan dalam pelestarian lingkungan.

“Latar belakang dan tujuan RAD ini adalah koordinasi lintas sektor pelayanan kepemudaan dimana kepemudaan mempunyai peran yang penting dan strategis dalam mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju, berkualitas, dan berdaya saing”, lanjutnya.

Sementara itu, Andi Arwien Azis selaku Kadispora Sulsel, berharap agar kiranya RAD yang dilaksanakan mampu menampung seluruh rencana program kepemudaan yang nantinya akan dilanjutkan dalam pembahasan bersama OPD lainnya di lingkup Pemprov Sulsel.

“RAD juga merupakan wujud komitmen bersama dari para pemangku kepentingan dan kebijakan tertentu untuk mencapai suatu perubahan konkret yang disepakati bersama dalam sejumlah indikator dan target pencapaiannya dalam periode tertentu”, jelas mantan Pj. Walikota Palopo ini.

Rapat RAD ini diikuti oleh berbagai unsur pemuda yaitu KNPI Sulsel, organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) se-Sulsel, Forum Pemuda Binaan Dispora serta Pengurus BEM berbagai Universitas yang ada di kota Makassar.

Dan hadir pula beberapa narasumber yang berkaitan dengan kegiatan ini seperti Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Dalduk & KB Sulsel, Direktur LPMP Sulsel, Utusan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Sulsel, Utusan Bapelitbangda serta Haidar Majid selaku Anggota DPRD Prov. Sulsel. (*)

- Advertisement -


RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -







Most Popular

Recent Comments