Ikuti Pameran Kriyanusa 2019, Dekranasda Sulsel Menangkan Penghargaan Produk Terbaik

Kabarnusantaranews, Jakarta;- Masih dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Dekranas ke-39, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menggelar Pameran Kriyanusa 2019 di Balai Kartini, Jakarta pada Rabu (11/9).

Pada Pameran Kriyanusa yang diikuti anggota Dekranas se-Indonesia ini, hasil karya pengrajin Sulsel mendapat apresiasi tinggi di kancah nasional.

Sulsel berhasil meraih penghargaan untuk dua produk terbaik. Yakni produk songkok racca (Songkok To Bone) dan gerabah dari Kabupaten Takalar.

“Alhamdulillah saya sangat senang dan bangga kita mendapatkan dua penghargaan. Yang pertama produk terbaik, yaitu songkok to Bone (Songkok Racca) dari Kabupaten Bone dan gerabah dari Kabupaten Takalar dalam penghargaan Dekranas Award” ungkap Lies F. Nurdin selaku Ketua Dekranasda Prov. Sulsel.

Tak hanya itu, Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang hadir mengunjungi stand pameran dari wilayah Sulsel juga menyampaikan apresiasinya kepada hasil kerajinan Sulsel.

“Alhamdulillah stand pameran Dekranas Sulsel hari ini dikunjungi oleh ibu negara Ibu Iriana Joko Widodo, dan Ibu Ketua Dekranas Pusat Ibu Mufida Jusuf Kalla. Mereka senang karena kerajinan-kerajinan Sulsel bagus-bagus” terang Lies.

Ibu negara Iriana Joko Widodo bersama dengan Ibu Mufidah Jusuf Kalla yang sekaligus sebagai Ketua Umum Dekranas, dan Ketua Harian Dekranas Ibu Erni Tjahjo Kumolo turut hadir pada acara pembukaan pameran bergengsi ini.

Kedatangan Ibu Iriana Joko Widodo dan Ibu Mufida Jusuf Kalla ke stand pameran Sulsel disambut dengan tarian selamat datang atau yang dikenal dengan nama Tari Padupa.

“Kunjungan ibu negara dan ibu ketua Dekranas pusat hari ini menjadi penyemangat bagi kami untuk membangkitkan lagi pengrajin-pengrajin Sulsel dan menjadi motivasi bagi mereka untuk berinovasi lagi menciptakan ide-ide kerajinan yang unik dan dengan kualitas bagus,” ungkap Lies yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Sulsel.

Pameran yang dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 15 September 2019 ini diikuti seluruh anggota Dekranas dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Pameran yang sudah ke empat kalinya dilaksanakan ini merupakan pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) setiap tahunnya.

Sulawesi Selatan sendiri sebagai salah satu anggota Dekranas rutin mengikuti rangkaian Pameran Kriyanusa setiap tahunnya. Aneka ragam hasil kerajinan para pengrajin Sulsel dipamerkan bersama dengan seluruh hasil kerajinan para pengrajin se-Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *