Kabarnusantaranews,Gowa– Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya melalui Bidang Hukum dan HAM, menggelar bedah tema dan launching program Pendidikan Hukum Inklusif di Warkop Mau Co, Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, Rabu (21/10/20).

Kegiatan Pendidikan Hukum Inklusif yang digelar secara nasional, nantinya di Alauddin Hotel and Conventional Centre dinilai penting bagi masyarakat, khususnya mahasiswa dalam memandang hukum yang berkembang saat ini di Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya, Ardiansyah mengatakan, program tersebut adalah langkah baik dalam menyongsong nilai hukum sendiri.

“Semoga dengan adanya program dari Bidang Hukum dan HAM ini dapat memaknai hukum sesuai dengan perkembangan jaman dan tentunya diharapkan kegiatan sekolah hukum inklusif bermanfaat untuk semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut,” kata Ardiansyah.

Sementara itu, Pengurus Bidang Hukum dan HAM HMI Gowa Raya, Kasrum Ursula menyampaikan bahwa, bedah tema dan launching program adalah kegiatan yang penting dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya guna menyukseskan Sekolah Hukum Inklusif.

“Kegiatan bedah tema ini tentunya akan menjadi refrensi utama dalam menentukan materi-materi apa saja yang disajikan dalam sekolah hukum nantinya,” ujar Ursula sapaan akrabnya.

Dikesempatan yang sama, salah satu narasumber yang juga merupakan Pengacara, Ade Darmawan mengatakan, Hukum Inklusif adalah hal yang baru dan hangat diperbincangkan di Indonesia.

“Ini hal yang baru, dimana Hukum Inklusif lahir dari sifat, kebiasaan, dan cara berpikir masyarakat sehingga melahirkan kebebasan berekspresi, tentunya dengan harapan masyarakat mampu menafsir hukum tanpa membatasi nalar berpikirnya,” kata Pengacara muda ini yang juga merupakan Dosen Hukum Perdata di UIN Alauddin Makassar.

Menurutnya, Indonesia sekarang ini sarat akan isu-isu yang menyentuh ranah hukum itu sendiri, tak terkecuali Omnibus Law, olehnya itu lanjut Ade, semakin banyak isu tentu semakin menantang diri kita masing-masing.

“Semakin banyak isu yang kita hadapi, semakin banyak inovasi berpikir. Disinilah makna dari Hukum Inklusif,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya, Sekum HMI Cabang Gowa Raya, Presidium Sidang HMI Cabang Gowa Raya, para pengurus HMI Cabang Gowa Raya, para pengurus Komisariat sejajaran Cabang Gowa Raya, dan insan pers. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here