Hati-Hati !! Postingan Instagram Bisa Membuat Anda Ketahuan Jomblo Atau Kesepian

Kabar Nusantara News;- Sebuah studi memperlihatkan kecenderungan posting Instagram bisa menjadi cerminan kondisi psikologis penggunanya, semisal yang sedang jomblo atau kesepian. INET (22/11/2018)

Seperti dikutip dari Daily Mail, studi itu terlaksana setelah para mahasiswa universitas ambil bagian dari sebuah kuesioner online untuk mengukur kepribadian dan tingkat kepuasan hidup mereka.

“Feed Instagram dari 179 orang itu kemudian dianalisis oleh para periset yang mempelajari total 25.394 foto untuk memahami bagaimana mereka menerapkan warna-warna pada jepretan fotonya di medsos itu,” tulis Daily Mail.

Survei ini mengukur lima kepribadian utama yakni narsistik, kepuasan hidup, kesepian, sikap ke Instagram, dan gender. Ditemukanlah beberapa kecenderungan, di antaranya:

• Warna foto-foto di Instagram punya perbedaan terkait jenis kelamin: perempuan cenderung mem-posting foto lebih dengan warna kaya dan beraneka ragam, sedangkan pria lebih cenderung memilih warna yang selaras pada fotonya.

• Orang-orang yang kesepian atau tidak sedang menjalin hubungan romantis biasanya mem-posting foto-foto miskin warna. Selain itu warna-warna yang ditonjolkan pun kurang variatif. Secara khusus ini terlihat sekali pada orang-orang yang jomblo.

• Pengguna Instagram yang punya pandangan positif terhadap medsos itu biasanya menggunakan warna-warna yang harmonis dan selaras pada fotonya. Sebaliknya dengan pengguna yang sebenarnya kurang sreg dengan Instagram.

“Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara karakteristik pengguna Instagram dan pilihan warna foto-foto mereka. Berdasarkan asumsi bahwa seseorang yang punya kepribadian mirip juga akan memperlihatkannya dengan gaya serupa pada foto-fotonya di medsos, studi ini fokus pada warna sebagai salah satu elemen kunci,” sebut laporan hasil studi tersebut.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *