Hari Listrik Nasional, PLN Menyalakan 75 Dusun dan Desa se-Sulsel

Kabarnusantaranews,Pangkep– Bertepatan Hari Listrik Nasional ke 75, PLN terus menerangi Negeri dengan berhasil melistriki 75 Dusun dan Desa di wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat sepanjang bulan Oktober 2020.

Peresmian 75 Dusun dan Desa, diresmikan secara langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST didampingi General Manager PLN UIW Sulselrabar, Ismail Deu, di Kampung Pandang Lau, pada Selasa.

PLN berhasil melistriki 4127 Kepala Keluarga dengan membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 147.65 kilometer sirkuit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 91.78 kms, serta 62 gardu distribusi dengan total kapasitas 2650 kiloVolt Ampere (kVA) yang seluruhnya berada di Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat menjadi desa dan Dusun yang kini menerima aliran listrik PLN selama 24 jam.

Ismail mengatakan pembangunan Listrik Desa merupakan program PLN yang ditugaskan oleh pemerintah, untuk bisa menerangi hingga pelosok negeri.

“Hari ini, PLN telah meresmikan 27 Desa dan Dusun di wilayah Sulawesi Selatan. Tidak hanya di Hari Listrik Nasional saja, sebelumnya PLN juga telah melistriki Desa, untuk di Sulawesi Selatan sebanyak 24 Desa dan Dusun, Sulawesi Tenggara sebanyak 6 Dusun sedangkan Sulawesi Barat sebanyak 18 Desa. Itu artinya sudah 75 Dusun dan Desa berhasil teraliri listrik PLN sepanjang bulan Oktober 2020,” Ujar Ismail.

Ismail juga menghimbau kepada masyarakat tak segan membantu PLN untuk menjaga suplai listrik agar tidak mengalami gangguan.

“Kami mohon kepada Mayarakat untuk turut memelihara listrik, terutama jika ada pohon yang mendekati jaringan kiranya dapat merelakan pohonnya untuk dipotong. Karena jika tidak akan dapat menggangu kelangsungan pasokan listrik,” Ujarnya.

Ismail berharap dengan adanya listrik di Kampung Pandang Lau bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Harapan PLN kepada masyarakat, listrik bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan warga bisa lebih produktif lagi agar bisa memperbaiki ekonomi keluarga,” ujar Ismail.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, ST mengucapkan terimakasih dan siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang bisa mengganggu pasokan listrik di masyarakat.

“Syukur Alhamdulillah yang sebesar-besarnya kepada PLN yang telah memberikan kehidupan yang lebih baik kepada kampung Pandang Lau dan 26 Dusun dan Desa lainnya di Sulawesi Selatan. Kami sebagai wakil dari masyarakat sangat siap membantu terkait dengan pemangkasan pohon yang menggangu kabel listrik,” tutupnya. (rls/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *