Gubernur NA Paparkan Program Sinergitas ke Pemkab Jeneponto

Kabarnusantaranews,Jeneponto;– Gubernur Sulawesi Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah, melakukan kunjungan kerja ke kabupaten Jeneponto, Rabu (6/1). Dalam kunker tersebut Gubernur Sulsel melakukan peninjauan ruas jalan di Desa Kalimporo dan Desa Pallantikang, Kecamatan Bangkala sekaligus juga menghadiri rapat pemaparan program strategis Kabupaten Jeneponto Tahun 2021.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Jeneponto, serta perwakilan Kementerian PUPR.

“Kami ingin mendengarkan program strategis yang bisa disinergikan Pemerintah Kabupaten Jeneponto, sekaligus juga Bendungan Karalloe bisa selesai cepat untuk dimanfaatkan ke depannya dan di Jeneponto akan diterapkan sistem irigasi tetes dimana sistem ini telah diterapkan di Kabupaten Takalar,” kata Nurdin Abdullah.

Diketahui, irigasi tetes (drip irigasi) adalah metode irigasi yang menghemat air dan pupuk, dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar, melalui jaringan katup, pipa dan emitor.

“Hampir semua negara sekarang itu memanfaatkan drip irigation. Jadi namanya irigasi tetes. Jeneponto itu paling tepat. Karena hasil survei kita, Jeneponto itu memiliki potensi air yang sangat besar,” ungkap Nurdin Abdullah.

Tahun 2021 ini juga akan diterapkan di Jeneponto. Pemprov telah memiliki data potensi air di Jeneponto.

“Untuk drip irigation, Insha Allah saya ingin kirim tenaga ahli untuk menghadap Pak Bupati untuk menentukan titik lokasinya berdasarkan hasil survei mereka. Kalau kita secara bertahap bisa melakukan ini, maka Jeneponto akan menjadi lumbung pangan kita,” jelasnya. (*)



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *