Kabarnusantaranews, Soppeng ;– DPK Pemuda Tani HKTI Cabang Soppeng sukses menggelar Orientasi Pengurus di Aula Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan dan Ketahanan Pangan (TPHPP) kabupaten Sopppeng, Jum’at (14/8/2020).

Ketua DPK Pemuda Tani HKTI Soppeng, Ulil Amri menjelaskan, kegiatan Orientasi pengurus tersebut merupakan bekal untuk pengurus dalam merumuskan program kerja lima tahun kedepan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas TPHPP kabupaten Soppeng, Ir.Fajar MMA menyampaikan, saat ini Soppeng sedang krisis regenerasi Petani, sebanyak 82% petani Soppeng adalah angkatan kolonial.

“Dengan hadirnya Pemuda Tani HKTI ini di harapkan mampu menjadi stimulan untuk anak muda nantinya agar bisa terjun ke dunia pertanian dari hulu hingga ke hilir, kami selaku pemerintah siap mensupport dengan catatan fokus dan konsisten,” tuturnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Soppeng, Bapak Ir. Herman Asnawi. M.Si mengharapkan agar pemuda tani HKTI Soppeng dapat merumuskan Program Kerja yang terukur dan mampu berkontribusi nyata dalam memulihkan ekonomi masyarakat pasca pandemi khususnya di sektor pertanian secara umum

“Selain merumuskan program, manajemen organisasi juga sangat penting di atur sebaik mungkin agar kegiatan tidak hanya di awal dan akhir kepengurusan saja,” kata Herman Asnawi yang juga sebagai dewan penasehat DPK Pemuda Tani HKTI Soppeng.

Sambutan terakhir disampaikan oleh ketua BPO, Muh. Eka Syafri Agelsyah. SE. Ia menegaskan bahwa saat ini salah satu masalah terbesar petani adalah akses terhadap pasar dan kepastian harga.

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan, Hendra Sangaji di akhir pertemuan juga memaparkan beberapa gambaran program strategi Pemuda Tani HKTI Soppeng salah satunya pembinaan pengembangan komoditi strategis yang bernilai ekonomis dengan pengaturan sistem pola tanam.

“Olehnya itu selain di hulu pemuda tani HKTI Soppeng juga harus bisa mendekatkan pasar ke petani dengan harga yang kompetitif agar masyarakat mampu meningkatkan kesejahteraannya,” pungkasnya

Turut hadir pada kegiatan tersebut KTNA Soppeng, anggota DPRD kabupaten Soppeng dan Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas TPHPP kabupaten Soppeng. (rls/adm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here