Gandeng Kemenpora RI, Fakultas Hukum Unhas Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda

Kabar Nusantara News, MAKASSAR — Geliat wirausaha bagi mahasiswa di perguruan tinggi perlu terus digaungkan, guna menyongsong era Revolusi Industri 4.0 dan bonus demografi yang tak terelakkan.

Merespon hal tersebut, Fakultas Hukum Unhas berkolaborasi bersama Kemenpora RI menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda dengan Tema “Wirausaha Muda Berbasis Smart Society” yang diselenggarakan di ruang Promosi Doktor Lantai 3 Fakultas Hukum Unhas, Selasa, (20/10/2022).

Dalam sambutannya drs. Imam Gunawan, M.A.P. selaku Plt. Asdep Wirausaha Pemuda Kemenpora RI menyampaikan bahwa pihaknya siap berkolaborasi dengan Unhas.

“Kami di Kemenpora siap berkolaborasi dengan Unhas, guna menciptakan wirausahawan yang siap bersaing, berbagai macam program telah kami siapkan, dan tentunya kolaborasi dengan Unhas sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia akan membantu akselerasi dalam menciptakan pemuda wirausaha yang kompeten”, terangnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi Oleh Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim, S.H., M.A.P. Dalam sambutannya, Guru Besar Fakultas Hukum Unhas ini menyatakan kedatangan petinggi Kemenpora RI di Fakultas Hukum bak gayung bersambut dengan program wirausaha di FHUH.

“Kami sampaikan Pak deputi, bahwa Fakultas Hukum Unhas, memang telah memprograkan untuk menciptakan 10 wirausahawan. Mahasiswa akan kami siapkan outlet usahanya di Fakultas. Tentu melalui kolaborasi dengan Kemenpora yang bisa memberikan akses permodalan kepada wirausaha di Perguruan Tinggi, akan semakin menambah geliat berwirausaha di Kampus Merah ini”, jelasnya.

Tidak hanya kuliah kewirausahaan, kegiatan ini diawali terlebih dahulu dengan penandatanganan MoU antara Kemenpora RI dengan Universitas Hasanuddin.

MoU ini akan menjadi payung hukum, kolaborasi kewirausahaan antar lembaga ini dalam ruang lingkup pengembagan kewirausahaan terkait akses permodalan, akses pelatihan kewirausahaan dan informasi kewirausahaan lainnya.

Selain itu juga para pihak bersama-sama untuk melakukan peningkatan kapasitas dalam hal pengembangan kewirausahaan.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Kuliah Kewirausahaan yang terbagi kedalam 2 sesi. Sesi pertama dihadiri narasumber antara lain Prof. Dr. Faisal Abdullah, S.H., M.Si., DFM selaku Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora RI yang Guru Besar Fakultas Hukum Unhas dengan tema “Kebijakan Program Kreativitas dan Kewirausahaan di Kalangan Pemuda di Kemenpora’, Prof. Dr. Arfin Hamid, S.H., M.H. dengan tema “Membangun Ekosistem Wirausaha Berbasi Ekonomi Syariah”, dan Dr. Indrabayu, S.T., M.T., M.Bus.Sys dengan tema “Wirausaha dengan Konsep Metaverse”.

Kemudian pada sesi 2, kegiatan kuliah kewirausahana dihadiri oleh narasumber antara lain Ridwan, S.Ag selaku Kepala Departemen Non Gadai PT. Pegadaian Perserro dengan tema “Dukungan PT. Pegadaian Dalam Upaya Pengembangan Kewirausahaan Pemuda” serta Muhammad Faizal selaku CEO Kahfi Clothing & Owner Mouse Brand dengan tema “Membangun Wirausaha Sejak Dini”.

Masing-masing sesi dipandu oleh dosen muda Fakultas Hukum Unhas yang saat ini juga menjadi nominasi dosen muda terinspiratif di Unhas yakni, Aswin Anas, S.H., M.H. selaku moderator disesi pertama, dan Amaliyah, S.H., M.H. pada sesi kedua.

Para peserta yang menghadiri kegiatan sangat antusias, terbukti dari rangkaian diskusi dan tanya jawab yang begitu interaktif.

Sebanyak 150 peserta yang berasal dari berbagai angkatan di Fakultas Hukum Unhas ini memadati ruang promosi Doktor tempat kegiatan berlangsung.

Apalagi para peserta dengan pertanyaan terbaik mendapatkan hadiah dari pegadaian dan mendapatkan pulsa 100ribu dari penyelenggara. (rls/tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *