Gandeng Bank Sulselbar, Disdag Parepare Sosialisasikan Penggunaan QRIS di Pasar

Kabar Nusantara News, PAREPARE — Dinas Perdagangan (Disdag) menggandeng Bank Sulselbar Cabang Parepare menggelar sosialisasi penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), Kamis (4/8/2022). Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Parepare.

Pimpinan Cabang Bank Sulselbar Parepare, Hazjul mengatakan, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), agar tujuan dari pertemuan tersebut bisa dicapai.

Petugas pasar, kata dia, dianggap penting menjadi pihak pertama yang terlebih dahulu diberikan pemahaman, sebelum tim dari bank yang turun. Ide ini pun dinilai sangat luar biasa oleh Kadis Perdagangan Parepare.

“Kami mengapresiasi hal itu,” katanya.

Penggunaan QRIS dalam transaksi, jelas Hazjul, dapat meminimalisir kebocoran, dan menghasilkan pendataan yang akuntabel, dan transparan agar pekerjaan ringan.

“Nanti ada tim kami yang memberikan penjelasan penggunaan dan pengoperasian QRIS setelah penagih retribusi telah memberikan informasi awal kepada para pedagang. Yang jelas, perlu dipahami bersama bahwa menggunakan QRIS ini mudah digunakan, mudah dipantau, aman dan nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disdag Parepare, Prasetyo Catur Christianto mengatakan, sosialisasi ini merupakan bagian dari tindak lanjut keinginan Wali Kota Parepare, Taufan Pawe yang menginginkan sosialisasi literasi dan edukasi terkait transaksi digitalisasi, diperluas.

“Ke depannya, tidak ada lagi transaksi tunai di pasar-pasar, dan ini juga merupakan instruksi Bank Indonesia bahwa transaksi di pasar juga menggunakan QRIS,” ujarnya. **



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *