Kabar Nusantara News;- Siapa sangka, pengaruh jabatan di Pileg 2019 lebih kuat ketimbang serangan fajar.Makassar (08/05/2019)

Terbukti, di Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulsel yang meliputi Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur di kuasai enam caleg yang berlatar belakang Mantan atau anak bahkan Suami/Istri pejabat dari total tujuh kursi yang ada.

Diantaranya ialah 2 Eks Kepala Daerah, 1 Anak Bupati, 1 Anak Wakil Bupati, 1 Istri Wakil Bupati dan 1 Suami Bupati.

Ke enam caleg tersebut berhasil merebut kursi di Dapil 3 dari total tujuh kursi yang ada dengan melengserkan Incumbent di masing-masing partai.

2 Eks Kepala daerah yang ikut berkompetisi yakni H.Rusdi Masse (Eks.Bupati Sidrap) menjadi peraih suara terbanyak di Partai Nasdem dengan total Suara 119.053 disusul Eks Bupati Enrekang La Tinro La Tunrung Melalui Partai Gerindra dengan total suara 63.075 ribu suara.

Sementara, Anak Bupati Enrekang Mitra Fahruddin MB (PAN) meraup suara sekitar 44.463 ribu disusul Anak Wakil Bupati Luwu Muhammad Devhy Bijak Pawindu (Partai Demokrat) yang meraup suara 45.790 ribu.

Sedangkan, Suami Bupati Luwu Utara Muhammad Fauzi yang maju melalui Partai Golkar berhasil mengumpulkan suara sebanyak 63.075 ribu disusul Eva Stevany Rataba (Nasdem) Istri Wabup Toraja Utara sebanyak 44.240 ribu suara.

Dari keenam caleg yang pernah menjabat sebagai kepala daerah atau memiliki hubungan darah dengan kepala daerah saat ini berhasil menggeser Incumbent dari partai masing-masing yang dianggap berpotensi untuk dua periode.

Misalnya di Partai Nasdem Ada Lutfy Andy Mufthi (LAM), dr.Felicitas Tallulembang (Gerindra), Amran S.E (PAN), Bahrum Daido (Demokrat) , Andi Fauzi Pujiwati Hatta ( Golkar).

Data hasil perhitungan suara ini di ketahui berdasarkan hasil tekap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari seluruh Kabupaten yang ada di Dapil 3 Sulsel.

Diketahui, Pileg 2014 lalu Golkar berhasil meraih 2 kursi yang diisi Oleh Markus Nari dan Andi Fauzi Pujiwati Hatta.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here